NasionalNasional Sepekan: Aksi Demo BEM SI Hingga Presiden Pastikan THR dan Gaji Ke-13

Agung Nugroho18/04/2022 09:08
Presiden RI Joko Widodo. (Foto: Tangkapan layar Youtube Setpres)

Forumteekininews.id, Jakarta – Tengah pekan bulan Maret 2022 menjadi pekan yang cukup sibuk dimana beberapa kejadian dan kebijakan mewarnai. Demo BEM SI yang tercoreng dengan pembakaran Pos Polisi serta penganiayaan Ade Armando menjadi salah satu peristiwa yang menarik dan menjadi perhatian masyaraka. Selain peristiwa tersebut, ada beberapa yang juga layak untuk dibaca. Berikut riniciannya.

Aksi BEM SI di Depan DPR

Badan Executive Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) mendatangi gedung DPR, Jakarta Senin (11/4). Aksi BEM SI dilakukan untuk menolak isu jabatan Presiden tiga periode, BBM, dan IKN Nusantara. Presediun UNHAS, saat menjadi orator demo, mengatakan mereka berkumpul bukan untuk membuat kekacauan.

“Rezim yang kejam ini terus meneror, kita datang ke DPR untuk meneror membawa kebenaran,” katanya.

“Tidak ada yang baru dari pemerintah kecuali ibu kota negara. Dan, hari ini, kita meminta janji mereka berani hutang menebar janji tapi mereka tidak berani menemui kita,” ujarnya.

Baca Juga: BEM SI: Kami Datang Bukan untuk Membuat Kekacauan

RUU TPKS Disahkan, Suara Tepuk Tangan Masyarakat Menggema

Setelah melalui berbagai macam rapat, DPR RI resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (RUU TPKS) menjadi undang-undang.

Pengesahan itu diambil dalam Rapat Paripurna DPR ke-19 masa sidang IV tahun sidang 2021-2022, Selasa (12/4). Rapat langsung dipimpin Ketua DPR Puan Maharani. “Apakah RUU Tindak Pidana Kekerasan Seksual disahkan menjadi undang-undang?” ujar Puan dan dijawab setuju serentak oleh peserta rapat. Suara tepuk tangan langsung membahana di ruang rapat paripurna.

Baca Juga: RUU TPKS Disahkan, Suara Tepuk Tangan Masyarakat Menggema

Anggota KPU dan Bawaslu Dilantik Jokowi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) periode 2022-2027, di Istana Negara, Jakarta, Selasa (12/4).

Jokowi memimpin langsung pengambilan sumpah tujuh anggota KPU dan lima anggota Bawaslu terpilih tersebut. Pelantikan ini berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 33 P Tahun 2022 dan Nomor 34 P Tahun 2022.

BACA JUGA:   Unik, Pendukung Rela Plontos Bertuliskan Prabowo-Gibran

“Saya akan memenuhi tugas dan kewajiban sebagai anggota Komisi Pemilihan Umum/sebagai anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum dengan sebaik-baiknya sesuai dengan peraturan perundangan, dengan berpedoman pada Pancasila dan UUD 1945,” kata Jokowi diikuti oleh anggota KPU dan anggota Bawaslu baru tersebut.

Baca Juga: Sah! Anggota KPU dan Bawaslu Sudah Dilantik Jokowi

Menhub Puncak Mudik Lebaran 29-30 April

Kementrian Perhubungan mempersiapkan berbagai hal terkait arus mudik Lebaran 2022. Puncak arus mudik diperkirakan terjadi pada 29-30 April mendatang.

Hal itu dikatakan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam rapat kerja bersama Komisi V DPR di Gedung DPR, Jakarta Rabu (6/4). Kemudian menurut Menhub perkiraan tersebut merujuk pada hasil survei internal yang dilakukan kementeriannya.

Terakhir, durinya menyebut pemudik banyak berangkat dari Jawa Timur dan Jabodetabek. Sementara pemudik banyak menuju ke Jawa Tengah.

“Soal perjalanan paling banyak dari Jawa Timur dan Jabodetabek dan tujuan paling banyak menuju Jawa Tengah,” tambah Budi.

Jokowi Pastikan THR dan Gaji Ke-13 Bagi ASN TNI Polri

Terakhir, berita soal Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang memastikan, pemberian Tunjangan Hari Raya (THR) dan Gaji ke-13 bagi Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI, Polri, pensiunan, dan pejabat negara.

“Pada 13 April 2022 saya telah menandatangani peraturan pemerintah tentang pemberian THR dan gaji ke-13 untuk seluruh ASN, TNI, Polri, ASN daerah, pensiunan, penerima pensiun, dan pejabat negara. Serta tambahan tunjangan kinerja 50 persen untuk ASN, TNI, dan Polri aktif yang memiliki tunjangan kinerja,” kata Presiden, Kamis (13/4).

“Kebijakan ini merupakan wujud penghargaan atas kontribusi aparat pusat dan aparat daerah dalam menangani pandemi Covid-19, serta diharapkan menambah daya beli masyarakat dan membantu percepatan pemulihan ekonomi nasional,” ujarnya.