Liputan KhususAntisipasi Kemacetan Hari Terakhir Liburan, Polisi Perpanjang One Way

Yudi Permana01/05/2023 13:45
Petugas melakukan sterilisasi lajur tol Cipali Arah Jateng menuju Jakarta di Palimanan, Cirebon, Jawa Barat. (Foto: Antara/Dedhez Anggara/agr)

Forumterkininews.id, Jakarta – Korlantas Polri melalui Diskresi kepolisian melakukan perpanjangan waktu rekayasa lalu lintas one way pada Minggu (30/4) sampai Senin (1/5). Hal ini dilaukan untuk antisipasi kemacetan.

Hal itu diungkapkan Kabag Ops Korlantas Polri, Kombes Pol Eddy Djunaedi dalam keterangannya di Jakarta, Senin (1/5).

Ia mengatakan puncak arus balik lebaran pada periode gelombang kedua masih terus meningkat. Itu terlihat dari arus kendaraan dari arah Timur menuju Barat (Semarang-Jakarta).

Oleh karena itu, Korlantas Polri melalui Diskresi kepolisian melakukan perpanjangan waktu rekayasa lalu lintas one way. Hal itu berlaku sejak Minggu (30/4) sampai Senin (1/5).

Mulai dari KM 414 Kalikangkung sampai dengan KM 72 Cikampek. Dilanjutkan dengan rekayasa lalu lintas contra flow dari KM 72 sampai dengan KM 47 tol Jakarta-Cikampek

“Meski pada hari sebelumnya diberlakukan one way pada Sabtu, 29/4/2023 dari KM 414 Kalikangkung sampai dengan KM 72 Cikampek. Volume kendaraan masih terpantau padat dari CCTV Command Center PJR,” katanya

Ia menambahkan bahwa rekayasa lalu lintas kembali dilakukan guna mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas pada puncak arus balik gelombang kedua. Dimana dari traffic counting (VCR data jumlah kendaraan) ditambah laporan petugas di lapangan, jumlah kendaraan masuk melalui gerbang tol Kalikangkung terus meningkat.

“Rekayasa lalu lintas yang diterapkan Korlantas Polri dapat dievaluasi waktu pemberlakuannya berdasarkan pertimbangan kondisi arus lalu lintas selama tiga jam berturut-turut. Bila ada perubahan maka akan kami informasikan kembali,” pungkasnya.