Daerah“Daerah Khusus Ekonomi Jakarta”, Opsi Nama untuk Jakarta Selain DKJ

"Daerah Khusus Ekonomi Jakarta", Pilihan Nama untuk Jakarta. (Foto: ANTARA)

Forumterkininews.id, Jakarta – Nama “Daerah Khusus Ekonomi Jakarta” muncul menjadi pilihan baru selepas ibu kota pindah ke Ibu Kota Nusantara (IKN). Sebelumnya, Nama Daerah Khusus Jakarta (DKJ) telah ramai jadi perbincangan.

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan bahwa “Daerah Khusus Ekonomi Jakarta” menjadi pilihan nama baru untuk Jakarta.

“Kemungkinan DKI Jakarta nanti bisa namanya menjadi Daerah Khusus Jakarta atau juga bisa namanya menjadi Daerah Khusus Ekonomi Jakarta,” kata Heru dalam Podcast Kopi Sedap BPKD Pemprov DKI di Jakarta dikutip Antara, Kamis (12/10).

Kedua pilihan nama itu, kata Heru, masih didiskusikan di pemerintah pusat. Keputusan soal nama itu berada di tangan DPR atau Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Nanti tergantung pembahasan di tingkat pusat, DPR maupun Kemendagri,” ujar Heru.

Sebelumnya, Heru menyebut pihaknya sudah membentuk tim khusus (timsus) penyusun dan penyempurnaan usulan untuk naskah akademik dan Rancangan Undang-Undang (RUU) mengenai Daerah Kekhususan Jakarta (DKJ).

“Membentuk Tim Penyempurnaan Usulan Rancangan Naskah Akademik dan Rancangan Undang-Undang mengenai Kekhususan Jakarta” kata Heru dalam pernyataan resminya baru-baru ini.

Selain itu, pembentukan tim khusus ini untuk menyusun usulan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta kepada Pemerintah Pusat itu melalui Keputusan Gubernur Nomor 643 Tahun 2023.

Kemudian, juga berhembus wacana pembentukan dewan regional dalam Rancangan Undang-Undang (RUU) Daerah Khusus Jakarta (DKJ). Tujuannya, mensinergikan pembangunan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan Cianjur.

Beberapa pembangunan konektivitas perlu ada integrasinya. Ini meliputi sektor transportasi, kebutuhan air bersih, dan penanganan polusi.

Related Posts