PolitikCapres-Cawapres 2024 Punya Olahraga Favorit, Apa Saja Ya?

Eriel Wira Natha / RM29/11/2023 19:00
(Tiga kandidat capres-cawapres/Dok: KPU)

FTNews, Jakarta – Para Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden Indonesia 2024 ternyata memiliki olahraga favoritnya dan beberapa terbilang unik dan anti mainstream.

Olahraganya sangat beragam, mulai dari berlari, sepak bola, tenis, hingga tinju. Bahkan ada yang mendaki gunung.

Anies Baswedan Dan Muhaimin Iskandar

Calon Presiden No 1, Anies Baswedan, Bersepeda saat masih menjabat menjadi Gubernur DKI Jakarta. (Foto: Instagram/aniesbaswedan)

Seperti dari Pasangan Calon nomor 1, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar. Masing-masing memiliki olahraga favorit. Anies hobi bersepeda.

Anies saat menjadi Gubernur DKI Jakarta, pernah menempuh perjalanannya menggunakan sepeda sekitar 19 km dari rumahnya hingga Balai Kota DKI, Jakarta Pusat.

Lalu Mantan Gubernur DKI tersebut seringkali berlari. Ini menjadi alternatif olahraganya.

Berbeda dengan wakilnya, Muhaimin Iskandar yang memiliki hobi olahraga yang anak muda gandrungi, yakni bermain sepak bola.

Pria yang dengan sapaan Cak Imin tersebut, pernah mengadakan turnamen mini soccer dengan tema Gaspoll pada akhir tahun 2022 lalu.

Selain itu, mantan Wakil Ketua DPR RI 2004-2009 itu baru-baru ini bermain sepak bola bersama legenda Persebaya, Muharom Rusdiana, Mat Halil, Anang Maruf, Samsul Arifin dan Mauta Heli.

Calon Presiden, Prabowo Subianto saat berkuda bersama Presiden Jokowi Dodo di Hambalang, Pada tahun 2016. (Foto: Sekertariat Kabinet RI)

Pasangan calon nomor 2,  Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka juga memiliki olahraga yang cukup terbilang unik.

Calon Presiden Prabowo Subianto, menekuni olahraga yang sangat unik yaitu berkuda. Lewat kegemaran olahraga tersebut, Prabowo memiliki hingga 18 ekor kuda koleksinya di Hambalang, Kabupaten Bogor dan 50 kuda lainnya yang berada di Sentul, Jawa Barat.

Dan Prabowo memiliki kuda kesayangannya bernama Príncipe. Kuda asal Portugal yang memiliki harga fantastis hingga Rp 3 miliar.

Lalu Calon Wakil Presiden nomor 2, Gibran Rakabuming Raka juga memiliki olahraga yang tidak kalah unik, yakni boxing atau tinju.

BACA JUGA:   Ngaku Sahabat Prabowo, Gus Yaqut dan Budi Arie Dapat Dua Jempol dari Menhan

Putra sulung, Presiden Jokowi tersebut selain menekuni boxing, juga suka bersepeda. Gibran kerap kali hadir pada acara car free day, di Solo menggunakan sepeda.

Calon Presiden Ganjar Pranowo, mendaki Gunung Prau, Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah. (Foto: Instagram/ganjar_pranowo)

Pasangan calon no 3, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD juga menekuni olahraga yang tinggi peminatnya.

Calon Presiden Ganjar Pranowo, gemar bersepeda. Ganjar sering kali menggunakan sepedanya saat masih menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah.

Selain itu Ganjar juga senang berlari. Beberapa kali ia lari pagi sambil melewati pasar di Jawa Tengah dan bertemu masyarakat. Ganjar juga pernah mendaki Gunung Prau, Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah.

Lalu, Calon Wakil Presiden Mahfud MD, memiliki hobi olahraga bermain tenis atau pingpong. Olahraga tersebut merupakan resep utama ia masih sehat dan bugar pada usianya yang sudah menyentuh kepala enam.