HukumBertemu Firli saat Pemeriksaan, Alex Tirta: Saya, Hanya Bersalaman

Adinda Ratna Safira01/12/2023 15:18

FTNews, Jakarta – Tim penyidik selesai memeriksa Ketua Harian PP PBSI, Tirta Juwana Darmadji atau Alex Tirta terkait kasus pemerasan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri. Ia mengaku sempat bertemu dan hanya bersalaman dengan Firli saat pemeriksaan.

Alex berstatus saksi dalam kasus pemerasan Firli terhadap mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. Sekitar sembilan jam Alex penyidik periksa pada Jumat (1/12) di Bareskrim Polri. Sejak pukul 09.00 WIB hingga sekitar 18.15 WIB.

Alex Tirta dalam pemeriksaan mengaku sempat bertemu dengan Firli Bahuri. Di saat yang bersamaan, penyidik juga hari ini memeriksa Firli Bahuri di kasus yang sama. 

“Ya sempat (ketemu) sebatas salam saja. Saya enggak sempat ngomong banyak ke beliau,” kata Alex Tirta, kepada wartawan, Jumat (1/12).

Lebih lanjut Alex Tirta menjelaskan bahwa pemeriksaan hari ini masih terkait kepemilikan rumah di Jalan Kertanegara No.46. Ia pun pernah menjalani pemeriksaan serupa sebelum Firli penyidik tetapkan sebagai tersangka.

“Saya cuman jawab pemeriksaannya ini melanjutkan yang lalu pemeriksaan di Polda. Jadi hanya sekarang memperjelas itu semua aja, saya kira itu aja,” jelas Alex.

Dalam pemeriksaan ini Alex mengaku dicecar sebanyak 13 pertanyaan oleh tim penyidik. Namun ia menegaskan tidak ada konfrontir dengan Firli Bahuri.

“(Pemeriksaan) hanya seputar itu aja (rumah). Ada 13 pertanyaan,” ucap Alex.

Tidak Ada Persiapan Khusus

Untuk diketahui, Ketua Harian PP PBSI, Tirta Juwana Darmadji atau Alex Tirta memenuhi panggilan tim penyidik. Hari ini, ia kembali penyidik periksa terkait kasus pemerasan Ketua KPK non aktif Firli Bahuri.

Berdasarkan pantauan FTNews, Alex Tirta tiba di Gedung Bareskrim Polri sekitar pukul 08.43 WIB. Kuasa hukumnya turut mendampingi.

BACA JUGA:   Polisi Ringkus Enam Pengeroyok Wartawan di Ancol

Tampak Alex Tirta mengenakan kemeja berwarna putih. Celana hitam berwarna panjang sambil menenteng dompet berwarna hitam di tangan kirinya.

Alex tidak banyak berkomentar ketika media bertanya soal agenda pemeriksaan hari ini. Namun Ketua Harian Pengurus Pusat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) ini menyatakan dalam pemeriksaan ini tidak ada persiapan khusus.

“(Persiapan khusus) ga ada,” singkat Alex, di Bareskrim Polri, Jumat (1/12).

Setelahnya ia langsung melambaikan tangan dan berjalan menuju ke dalam ruang pemeriksaan melalui lobi belakang Gedung Bareskrim Polri.