NasionalHal Ini yang dr Reisa Broto Asmoro Kenang dari Sosok Doni Monardo

Ari Supriyanti Rikin04/12/2023 04:55

FTNews, Jakarta – Banyak kenangan berkesan yang datang terhadap sosok Letnan Jenderal (Purn) Doni Monardo. Salah satunya dari dr Reisa Broto Asmoro, saat pernah bertugas di Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19.

Duka mendalam dr Reisa sampaikan atas berpulangnya Letjen Doni pada Minggu (3/12) karena sakit dan mendapat perawatan di rumah sakit.

“Pak Doni adalah sosok inspiratif bagi saya. Jenderal yang tegas, tenang, baik hati dan mampu membuat semua pihak dapat bekerja sama dengan baik,” katanya kepada FTNews, di Jakarta, Senin (4/12).

Presiden Joko Widodo melantik Doni Monardo sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pada Januari 2019. Doni menginisiasi pembentukan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 yang kemudian menjadi Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 pada Maret 2020.

Saat itu dr Reisa emban amanah sebagai Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19.

Pandemi Covid-19 melanda dunia termasuk juga Indonesia. Kasus pertama Covid-19 di Indonesia pertama kali terdeteksi pada 2 Maret 2020.

Hingga 3 Juli 2023, kasus positif Covid-19 di Indonesia mencapai 6,8 juta kasus. Berada di peringkat pertama terbanyak di Asia Tenggara.

Kematian karena penyakit menular karena koronavirus ini mencapai 161.879. Peringkat ketiga terbanyak di Asia. Pandemi Covid-19 memukul berbagai sendiri kehidupan masyarakat. Bahkan ada pembatasan sosial berskala besar. Pandemi ini berlangsung hampir tiga tahun hingga akhirnya melandai menjadi endemi.

Tenang dan Sigap

Dokter Reisa pun salut dengan kerja dan daya juang Letjen Doni Monardo sebagai Kepala Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 kala itu.

“Di saat situasi panik, beliau tetap tenang dan sangat sigap. Pekerja keras, sangat berdedikasi tinggi. Ingat betul beliau berbulan-bulan tidak pulang. Kegiatannya dari pagi sampai pagi lagi di BNPB. Dan masih perhatian dengan kesehatan semua tim,” tuturnya.

BACA JUGA:   Debat Keempat Pilpres Bakal Kembali Digelar di JCC

Sampai hampir selalu tiap rapat, Letjen Doni menyediakan burung walet. Ia membagikannya ke semua tim. Burung walet ini mampu meningkatkan daya tahan tubuh.

Ia mengungkapkan banyak legacy yang Letjen Doni tinggalkan. Termasuk kecintaannya kepada alam.