OlahragaIni Deretan Pemain Naturalisasi Legenda Timnas Indonesia

Eriel Wira Natha / RM07/12/2023 10:00

FTNews, Jakarta – Masyarakat Indonesia tentunya tidak asing lagi mendengar naturalisasi pemain sepak bola di Tanah Air. Saat ini pun sepak bola Indonesia atau Timnas Indonesia, sedang gencar menaturalisasi pemain dari luar Indonesia untuk memperkuat Tim Garuda.

Naturalisasi merupakan orang asing (WNA) yang menginginkan perubahan statusnya menjadi warga negara Indonesia secara tetap.

Setidaknya baru-baru ini ada beberapa pemain Timnas Indonesia yang berasal dari naturalisasi seperti, Jordi Amat, Sandy Walsh, Shayne Pattynama. Lalu Ivar Jenner, Rafael Struick, Jay Idzes, dan Justin Hubner. Serta Nathan Tjoe-A-On yang tinggal menunggu surat Keputusan Presiden.

Selain mereka, beberapa pemain legendaris Indonesia ternyata juga merupakan pemain naturalisasi. Berikut deretan pemain legenda Timnas dari naturalisasi:

Cristian Gonzáles

Pemain dengan nama lengkap, Cristian Gérard Alfaro Gonzáles merupakan naturalisasi yang memperkuat Timnas Indonesia pada tahun 2010-2015. Catatan Gonzales selama bersama Garuda cukup gemilang dengan gol sebanyak 12 kali dalam 20 laga.

Gonzales lahir di Montevidio, Uruguay dan mengubah status menjadi kebangsaan Indonesia atau naturalisasi pada tahun 2010.

Mengawali karier di Indonesia bersama klub PSM Makasar pada tahun 2003 dengan mencetak gol sebanyak 27 gol dalam satu musim.

Lalu, saat ini Gonzales bergabung dengan PSIM Yogyakarta dengan status pinjaman dari RANS Cilegon FC hingga akhir musim.

Greg Nwokolo

Pemain asal Nigeria, Greg Nwokolo mengubah status kewarganegaraan Indonesia pada tahun 2011 secara sah. Greg memperkuat dan berkarier bersama Garuda atau Timnas Indonesia mulai dari tahun 2013 hingga 2019.

Awal karier Greg di Indonesia, bergabung denga klub Sriwijaya FC tahun 2004, namun ia pindah kembali ke klub Singapura tahun 2005. Hingga akhirnya berkarier dalam waktu panjang di klub Indonesia sejak tahun 2007.

BACA JUGA:   Porsche Sprint Challenge Indonesia 2023 di Mandalika, Ada Tiket Gratis Lho!

Saat ini Greg tergabung dengan Klub Malang, yakni Arema FC hingga tahun 2024 mendatang.

Raphael Maitimo

Pemain asal Belanda ini merupakan naturalisasi yang bergabung dengan Garuda pada tahun 2012 saat ajang Piala AFF 2012. Raphael sudah bermain dengan tim Belanda U-15 pada tahun 1997.

Teman sejawat Robin Van Persie tersebut memiliki catatan gol sebanyak 4 gol dalam 25 pertandingan di Timnas Indonesia.

Raphael Maitimo mengakhiri kariernya di Indonesia bersama klub Barito Putera tahun 2022 lalu.

Arnold van der Vin

Arnold merupakan pemain pertama naturalisasi Timnas Indonesia pada tahun 1950. Ia lahir di Semarang ketika Indonesia masih dengan nama Hindia-Belanda.

Pemain naturalisasi pertama tersebut, merupakan kiper Timnas yang memulai awal kariernya dengan klub Excelsior.

Excelsior merupakan tim Eropa yang berbasis di Surabaya. Hingga tahun 1948 Arnold resmi bergabung dengan Persija Jakarta.

Namun, Arnold tidak dapat memperkuat Garuda saat akan berlaga di Asian Games 1954, karena ada kebijakan Anti-Belanda yang dibuat oleh Presiden pertama, Soekarno saat itu.