TeknologiNeon Moon II “Coldplay” Siap Perangi Sampah Plastik Cisadane

Eriel Wira Natha / RM07/12/2023 09:00

FTNews, Jakarta – Band rock asal Inggris, Coldplay sukses menggelar konsernya November 2023 lalu. Rupanya mereka meninggalkan jejak baik di Indonesia. Mendonasikan kapal pembersih sampah Neon Moon II, yang perkiraan harganya mencapai Rp12 miliar.

Rencananya, kapal pembersih sampah, Neon Moon II beroperasi membersihkan sampah di Sungai Cisadane, Kabupaten Tangerang awal tahun 2024.

Kapal pembersih dengan kemampuan “melahap” sampah plastik ini merupakan pemberian oleh Coldplay bekerja sama dengan The Ocean Cleanup.

Neon Moon II mampu mengangkut sampah hingga 6 ton sampah plastik, yang nantinya akan diolah di penampungan.

Berantas Sampah Sungai

Project Manager River Cleanup Indonesia, Egar Anugrah menilai kehadiran teknologi pemberantas sampah tersebut sangat berguna dan bermanfaat untuk Indonesia.

“Cukup optimal sekali, adanya penerapan teknologi dalam upaya pembersihan sungai sangat dibutuhkan,” katanya kepada FTNews, di Jakarta, Kamis (7/12).

Egar menjelaskan, pembersihan sampah dengan bantuan Neon Moon II ini dapat mempermudah pemberantasan sampah hingga ke hulu sungai.

“Untuk memperkecil potensi hadirnya mikroplastik di area perairan ataupun di lautan agar nanti upaya kita untuk membersihkan sungai juga akan lebih bagus dilakukan dari mulai hulu,” ujarnya.

Alasan menempatkan Neon Moon II pada hulu Sungai Cisadane, karena sungai tersebut memiliki debit air yang tinggi sehingga berpotensi membawa sampah plastik menuju laut.

Dengan pemberian teknologi pembersih sampah seperti ini juga akan membuat masyarakat, khususnya generasi muda bisa lebih sadar dengan sampah plastik.

“Paling efektif adalah pendidikan di hulunya. Bagaimana upaya untuk reduce, mengubah perilaku” ujar Egar.

Egar berharap semua masyarakat dan pihak terkait bisa bergerak dalam memberantas sampah, khususnya sampah plastik yang kini masih menjadi masalah pelik.

BACA JUGA:   Amazon Kembali PHK 9.000 Karyawan

“Harapannya tidak hanya anak muda, tapi ada juga semua stakeholder ada kebijakan yang efektif untuk diterapkan. Lalu juga semua stakeholder bisa gerak bareng-bareng,” ungkapnya.

Dengan kontribusi Coldplay dalam perang terhadap sampah di Indonesia seharusnya membuat masyarakat ikut bergerak bersama-sama.

“Artinya ini juga jadi titik di mana kita juga harus lebih giat lagi untuk kerja sama bareng-bareng untuk sungai yang bebas plastik,” tutupnya.

Spesifikasi Neon Moon II

Neon Moon II, memiliki panjang sekitar 24 meter, lebar 10 meter, dan tinggi 6 meter. Selain itu, kapal ini memiliki teknologi khusus yang bisa menangkap sampah pada aliran sungai. Dengan menggunakan conveyor belt yang terhubung dengan bak sampah.

Kapal ini juga sudah menggunakan baterai lithium ion yang dapat isi ulang dengan menggunakan panel surya, dan tersedia pada atap kapal.

Lalu, Neon Moon II juga memiliki sensor serta alat komunikasi dan tambahan kamera yang bisa dikendalikan dari jarak jauh.