KBRI Ankara Gelar Festival Ramadhan, Hibur Korban Gempa Turki

Forumterkininews.id, Hatay – KBRI Ankara menggelar festival Ramadhan di Hatay, Turki, bertema “Endonezya Karedeslar Iftari”. Acara ini bentuk ketulusan hati masyarakat Indonesia.

“Kami dapat merasakan sakit yang menimpa saudara-saudara kami, warga Turki. Dengan kegiatan ini, kami ingin menyampaikan pesan dan komitmen Indonesia untuk terus hadir bagi Turki di masa-masa sulitnya,” kata Dubes Lalu Muhamad Iqbal.

Sejak pagi hari, 17 NGO menyalurkan paket sembako bagi lebih dari 1600 warga Narlica, Hatay termasuk anak-anak. Bantuan kemanusiaan terdiri dari sembako dan keperluan sekolah anak-anak. Di siang hari, diadakan sesi trauma healing untuk menghibur anak-anak.

“Kami merasa terhormat dapat turut kolaborasi dengan KBRI Ankara pada kegiatan ini. Antusiasme masyarakat Indonesia untuk menyalurkan bantuan ke Turki terus mengalir tiada henti” ungkap Ardhi Maulana Fajrin, project manager Forum Zakat.

Sebelum iftar, pengungsi dihibur dengan nyanyian bernuansa Islami, tari Saman dan lantunan ayat suci Al Qur’án.
Acara dihadiri oleh Wakil Gubernur Hatay, Mr. Burga Karadag, petinggi AFAD di Hatay, Mr. Kursat Biter dan sejumlah pejabat lainnya.

Pada acara tersebut, Duta Besar RI juga memberikan penghargaan kepada sejumlah stakeholder terkait di Hatay yang telah membantu misi kemanusiaan Indonesia selama ini.

Termasuk asosiasi tur guide urki yang telah membantu penerjemahan tim kemanusiaan Indonesia.

Seribu menu iftar yang terdiri dari takjil, sup ayam dan nasi goreng kambing dibagikan kepada penduduk Narlica yang menyambutnya dengan gembira.

“Saya sangat suka dengan nasi goreng kambing. Gurih dan sedap sekali,” ungkap salah seorang penduduk, Derya Karatas (15) saat ditanya kesan dari acara ini.

Artikel Terkait

Detik-detik Pengemudi Mobil Kebut-kebutan Hingga Nyungsep di Kolong Truk

FT News - Sebagai pengguna kendaraan, kita harus mengemudi dengan...

Ingin Bongkar Bobroknya P Diddy, Rapper 50 Cent Siap Buatkan Docuseries

FT News - Rapper, penyanyi, penulis lagu, produser rekaman asal...

Thailand Sahkan UU Pernikahan Sesama Jenis

FT News – Raja Thailand, Maha Vajiralongkorn resmi mengesahkan...

Ekonomi Melambat, Gen Z China Tinggalkan Brand Mewah

FT News – Gen Z di China meninggalkan merek-merek...