Akibat Tanggul Jebol, 42.000 Warga Ukraina Diteror Banjir

Forumterkininews.id, Kiev- Sekitar 42.000 orang di sepanjang Sungai Dnipro, Ukraina, terancam terendam banjir setelah sebuah bendungan jebol pada Selasa, (6/6).

Kepala bantuan PBB Martin Griffiths, mengatakan kepada Dewan Keamanan bahwa jebolnya bendungan itu akan menimbulkan dampak serius bagi ribuan orang di Ukraina selatan karena kehilangan rumah, makanan, air bersih dan mata pencaharian.

“Besarnya bencana hanya akan terwujud sepenuhnya dalam beberapa hari mendatang,” katanya dikutip Reuters.

Pejabat Ukraina memperkirakan sekitar 42.000 orang berisiko terkena banjir, yang diperkirakan akan mencapai puncaknya pada Rabu.

Di kota Kherson, sekitar 60 km (37 mil) hilir dari bendungan, ketinggian air naik 3,5 meter (11-1/2 kaki) pada hari Selasa, memaksa penduduk untuk bekerja keras melewati air setinggi lutut untuk mengungsi, membawa kantong plastik penuh. harta benda dan hewan peliharaan kecil di kapal induk.

“Semuanya terendam air, semua perabotan, lemari es, makanan, semua bunga, semuanya terapung. Saya tidak tahu harus berbuat apa,” kata Oskana, 53 tahun, ketika ditanya tentang rumahnya.

Bus, kereta api, dan kendaraan pribadi dikerahkan untuk membawa orang ke tempat aman di sekitar 80 komunitas yang terancam banjir.

Di Kherson, tembakan artileri yang datang membuat orang-orang mencoba melarikan diri untuk berlindung pada hari Selasa. Di malam hari, wartawan Reuters mendengar empat ledakan artileri masuk di dekat lingkungan perumahan tempat warga sipil dievakuasi.

Artikel Terkait

Ingin Bongkar Bobroknya P Diddy, Rapper 50 Cent Siap Buatkan Docuseries

FT News - Rapper, penyanyi, penulis lagu, produser rekaman asal...

Thailand Sahkan UU Pernikahan Sesama Jenis

FT News – Raja Thailand, Maha Vajiralongkorn resmi mengesahkan...

Ekonomi Melambat, Gen Z China Tinggalkan Brand Mewah

FT News – Gen Z di China meninggalkan merek-merek...