Belanja Konsumen TikTok Rp155,5 Triliun, Hampir Salip Aplikasi Game

FTNews – TikTok mencetak rekor menjadi aplikasi non-game dengan belanja konsumen yang cukup besar. Aplikasi milik ByteDance ini mencetak penjualan senilai 10 miliar dollar AS (setara Rp155,5 triliun).

Sebelumnya rekor tersebut hanya dipegang oleh aplikasi game. Candy Crush Saga dari King/Activision Blizzard mencetak pendapatan 12 Miliar AS, sementara Monster Strike dari XFLAG/Mixi dan Clash of Clans dari Supercell mencetak penjualan 10 miliar AS.

Data belanja konsumen ini merujuk pada laporan Data.ai. Pada awal 2023, TikTok mencatat penjualan lebih dari 6,2 miliar dollar AS (sekitar Rp 96,4 triliun), selanjutnya terus bertambah 3,8 miliar dollar AS (kira-kira Rp 59,1 triliun) lagi sepanjang tahun 2023 ini atau pertumbuhan 61 persen dari awal tahun.

Angka penjualan tersebut naik 15 persen dari 2022, yaitu sebesar 3,3 miliar dollar AS (setara Rp 51,3 triliun).

Diprediksi Tembus Rp233 Triliun 

Pada laporan tersebut juga Data.ai memprediksi total belanja konsumen di TikTok akan lebih tinggi. Mereka berpendapat konsumen akan menghabiskan lebih dari 11 juta dolar AS per hari untuk memberi tip kepada konten kreator favoritnya.

Bila hal ini terjadi, TikTok akan melewati aplikasi game paling menguntungkan saat ini, Candy Crush Saga.

“TikTok siap menjadi aplikasi seluler dengan penghasilan tertinggi yang pernah ada, mendekati angka 15 miliar dollar AS (sekitar Rp 233,3 triliun) pada tahun 2024,” kata Data.ai.

Data.ai juga memprediksi, waktu pengguna dalam berselancar di TikTok juga akan naik 22 persen pada 2024, sebesar 40 jam per bulan.

Belanja Koin

Belanja konsumen yang fantastis ini berkat pengeluaran pengguna untuk membeli koin dalam aplikasi. Koin ini berfungsi sebagai mata uang virtual untuk membeli stiker. Selanjutnya, pengguna bisa memberikan stiker pada konten kreator favoritnya sebagai tip.

BACA JUGA:   Dihargai Rp2 Jutaan, Samsung Resmi Rilis Galaxy A14

TikTok menyediakan beragam paket pembelian koin. Misalnya, di Indonesia harga paling murah Rp1.200 untuk 5 koin dan paling mahal Rp4,35 juta untuk 17.500 koin.

Stiker yang dibeli dengan koin ini dapat ditukarkan kembali dalam bentuk uang oleh konten kreator.

Selain belanja konsumen dari koin, TikTok juga mendapat keuntungan dari iklan dan bisnis e-commerce TikTok Shop. Akan tetapi Data.ai tidak menghitung pendapatan ini.

Artikel Terkait