Sejumlah Wilayah Sumatera Utara Berpotensi Hujan Lebat Disertai Angin dan Petir 3 Hari Berturut-Turut

FT News – Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan memperkirakan sejumlah wilayah di Sumatera Utara berpotensi diguyur hujan lebat disertai angin dan petir pada tanggal 1 sampai 3 September 2024.

Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan Endah Paramita hujan lebat berpotensi terjadi di siang hari hingga dinihari. Adapun wilayah yang diperkirakan diguyur hujan lebat diantaranya, Nias Selatan, Langkat, Kota Binjai, Deli Serdang, dan Serdang Bedagai.

“Pada hari Minggu, 1 September 2024 pagi cuaca cerah berawan dan berpotensi hujan ringan di Dairi, Humbang Hasundutan, Gunungsitoli, Sibolga, Mandailing Natal, Nias, Nias Barat, Nias Selatan, Nias Utara, Pakpak Bharat, Samosir, Tapanuli Selatan, Tapanuli Tengah, Tapanuli Utara, dan sekitarnya,” jelas Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan Endah Paramita, Minggu, (1/9).

perkiraan cuaca BBMKG Wilayah I Medan untuk Sumatera Utara.

Pada siang hari hingga dini hari, lanjutnya, sebagai besar wilayah Sumatera Utara berpotensi hujan ringan hingga huja lebat. Dimana suhu udara berada di 14⁰C – 33⁰ C dengan kelembaban udara 75 -98 %.

Sedangkan pada hari Senin, 2 September 2024, hujan berpotensi terjadi pada malam hari. “Himbauan, waspada potensi hujan di wilayah Pesisir timur, Lereng timur, Pantai barat, Lereng barat dan pegunungan Sumatera Utara yang dapat berpotensi terjadinya banjir, longsor serta bencana hidrometeorologis lainnya,” jelas Endah Paramita.

Intensitas hujan yang turun, dapat berdampak meningkatnya volume air sungai. BBMKG Wilayah I Medan juga mengimbau agar masyarakat berhati-hati jika beraktivitas di luar rumah.

Masyarakat juga diminta untuk mengupdate informasi dari media massa atau media sosial apabila tengah beraktivitas di luar rumah.

Artikel Terkait