Ridwan Kamil Janji Salurkan Ini untuk Pelaku Ekonomi Rendah

FT News – Ridwan Kamil, calon gubernur DKI Jakarta nomor urut satu berjanji menyalurkan program kredit “Mesra”. Hal ini sebagai solusi permodalan bagi golongan ekonomi rendah, guna membantu mereka menjalankan usaha dan menekan angka pengangguran.

“Siapa yang disasar yakni golongan yang enggak bisa pinjam ke bank. Makanya disebutnya kredit kelompok karena tidak punya agunan,” kata pria yang akrab disapa Kang Emil, dikutip dari Antara, Kamis (26/9/2024).

Kredit Mesra yang sudah diterapkan Kang Emil saat menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat, difokuskan pada kelompok masyarakat yang tidak memiliki agunan, sehingga sulit mengakses perbankan konvensional.

BANK
Ilustrasi Bank. [Antara]
“Kalau pakai bank konvensional kan minta agunan, kalau ini kan enggak asal berkelompok semua ikut bertanggung jawab, nah ini sudah dipraktekkan dan berhasil,” ujarnya.

 

Sementara itu, jubir pasangan RIDO Fahlino Sjuib, menjelaskan kredit “Mesra” adalah program yang memberikan kemudahan bagi masyarakat ekonomi lemah yang difasilitasi melalui rumah ibadah agar bisa mengakses pembiayaan perbankan.

“Warga Jakarta, khususnya pelaku usaha ultra mikro perorangan yang belum tersentuh perbankan (bankable) bisa mendapatkan fasilitas pinjaman tanpa agunan dan tanpa bunga dengan plafon maksimal Rp 5 juta dengan jangka waktu pinjaman antara 6-12 bulan,” kata Fahlino.

Fahlino mengatakan untuk bisa mengakses pembiayaan ini ada syarat yang harus dipenuhi oleh pelaku usaha ultra mikro.

Syaratnya adalah penerima harus menjadi anggota komunitas dari rumah ibadah, seperti merupakan jamaah dan masyarakat di sekitar rumah ibadah. Penerima juga wajib mengikuti dan lulus pelatihan kelompok mikro (PKM).

Harga Beras Naik
Ilustrasi pedagang beras di pasar tradisional. Foto; Antara

Kredit Mesra ini telah dijalankan di untuk memerangi fenomena sosial yakni masih tingginya ketergantungan masyarakat pada jerat pinjaman online (pinjol) maupun rentenir atau biasa disebut dengan bank keliling.

BACA JUGA:   Video Viral Kaesang-Erina di Bandara, Muncul Pertanyaan Terkait Mobil Masuk Apron Bandara

Di Jawa Barat, kredit Mesra dikerjasamakan dengan Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten (Bank BJB) sejak 2018. Program ini berjalan sukses. dan sudah direplikasi di empat provinsi lainnya.

Artikel Terkait