Deputi BI Jateng: Diperlukan Strategi Tingkatkan Produktivitas Pertanian

FTNews, Semarang— Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah, Sumarno meminta semua pemangku kepentingan berkolaborasi meningkatkan produktivitas pangan. Salah satu upayanya, melakukan pengendaian kerusakan lingkungan dari hulu hingga hilir.

“Berbicara tentang produksi pangan, tentu tidak lepas dari bagaimana menjaga lingkungan. Karena kerusakan lingkungan berdampak luar biasa terhadap produksi pangan,” ujar Sumarno, saat Rapat Koordinasi Wilayah Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Jateng, di Hotel Tentrem Semarang, Kamis (26/9/2024), dilansir Jatengprov

Sumarno mengatakan, produktivitas pertanian tak hanya menjadi tanggung jawab Dinas Pertanian. Namun, Dinas Pekerjaan Umum, pemerintah kabupaten/ kota, serta instansi lain, juga bertanggung jawab.Kondisi lahan pertanian, saluran irigasi, persediaan air, dan sebagainya, mesti terus dijaga dan mendapat perhatian dari berbagai pihak.

Dengan begitu, imbuhnya, dapat memudahkan pelaksanaan Rencana Kerja Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RKPJD) Jateng 2025-2045, yang pada akhirnya mewujudkan Jawa Tengah sebagai penumpu pangan dan penumpu industri.

“Kalau dua-duanya bisa berkembang, maka potensi yang luar biasa untuk Jateng. Inilah yang harus kita pikirkan bareng-bareng, untuk menjaga keseimbangan alam,” harap Sumarno.

Sementara itu, Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jateng, Ndari Surjaningsih mengatakan, perekonomian Jateng memang menghadapi berbagai tantangan.

Salah satunya tantangan struktural terkait alih fungsi lahan yang berdampak terhadap produktivitas pangan utama, serta penurunan produkvitas tanaman pangan akibat dampak El Nino.

“Akibat dampak tersebut, produktivitas beras di Indonesia masih di bawah negara-negara lain di kawasan ASEAN,” kata Ndari.

Menurut dia, diperlukan strategi atau inovasi, untuk meningkatkan produktivitas pertanian Indonesia, termasuk Jateng.

Tantangan lainnya, lanjut Ndari, terkait kondisi musiman, seperti anomali cuaca berupa kemarau basah atau La Nina, yang akan mempengaruhi produksi hortikultura, seperti cabai dan bawang merah di daerah sentra.

BACA JUGA:   Pengelola TNGM Berkomitmen Mengonservasi Dua Satwa Endemik yang Sudah Langka

Oleh karenanya, ia meminta seluruh stakeholder terkait, terus mencermati berbagai risiko yang berpotensi meningkatkan inflasi. Terutama, pada kelompok makanan, seperti beras, telur, dan daging ayam ras.***

 

 

Artikel Terkait

Stok Pangan Jateng Selama Pilkada hingga Nataru Aman

FTNews, Semarang--- Menghadapi masa Pilkada sampai Natal dan Tahun...

Masih Gratis! Masyarakat Antusias Jajal Tol Solo-Yogya, Ini Respon Mereka

FTNews, Surakarta--- Jalan tol Solo-Yogyakarta seksi 1 yang menghubungkan...

Atasi Kekeringan, BPBD Rembang Dorong Normalisasi Embung

FTNews, Rembang--- Desa yang memiliki embung dalam kewenangan Balai...

Pengalaman PON Aceh-Sumut, Menpora Dito Wanti-wanti Peparnas XVII Solo tak Bermasalah!

FTNews, Solo--- Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora...

Wamentan: Klaten Bakal Jadi Contoh Daerah 3 Kali Panen dalam Setahun

FTNews--- Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah didorong menjadi daerah...