Proyeksi Pendapatan Kota Bandung pada Perubahan APBD 2024 Rp7,43 Triliun

FTNews, Kota Bandung— Penjabat (Pj) Wali Kota Bandung, A. Koswara, menyampaikan dua Rancangan Peraturan Daerah (Raperda), yaitu tentang Perubahan APBD Tahun Anggaran (TA) 2024 dan tentang APBD TA 2025 pada Rapat Paripurna di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kota Bandung.

Rapat dipimpin oleh Ketua DPRD Kota Bandung, Asep Mulyadi, dan dihadiri oleh jajaran pimpinan serta para anggota dewan lainnya dan sejumlah kepala organisasi perangkat daerah (OPD) Kota Bandung.

Pj Wali Kota Bandung menjelaskan, penyusunan Perubahan APBD TA 2024 didasarkan pada perubahan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) yang telah disepakati oleh Pemkot Bandung dan DPRD pada 31 Juli 2024.

Menurut Koswara, pendapatan daerah pada Perubahan APBD 2024 diproyeksikan mencapai Rp 7,43 triliun, meningkat 1,78 persen dari APBD murni 2024. Sementara itu, belanja daerah diperkirakan naik sebesar 5,42 persen, menjadi Rp 8,11 triliun.

“Perubahan APBD 2024 ini disusun berdasarkan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2024 yang merupakan bagian dari Rencana Pembangunan Daerah (RPD) Kota Bandung tahun 2024-2025,” jelas Koswara, dilansir Diskominfo Kota Bandung

Koswara juga menjelaskan, RAPBD 2025 disusun secara berimbang dengan pendapatan dan belanja daerah yang masing-masing mencapai Rp 7,4 triliun. Pendapatan daerah di tahun 2025 mengalami peningkatan 1,45 persen, sementara belanja daerah justru menurun sebesar 4,04 persen dibanding tahun sebelumnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua DPRD Asep Mulyadi menyampaikan, kedua Raperda ini telah resmi menjadi agenda pembahasan DPRD dalam rapat paripurna selanjutnya.

Selain itu, sebagai upaya pencegahan korupsi dalam pengelolaan keuangan daerah, rapat diakhiri dengan penandatanganan fakta integritas terkait pelaksanaan APBD 2024 dan penyusunan APBD 2025 sesuai pedoman yang ditetapkan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

BACA JUGA:   Pj Gubernur Hassanudin Dapat Penghargaan dari Serikat Pekerja Sumut

Dengan pembahasan yang komprehensif dan persetujuan dari DPRD, diharapkan Perubahan APBD 2024 dan APBD 2025 dapat segera disahkan untuk kepentingan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Kota Bandung.***

 

 

Artikel Terkait

Polisi Bongkar Kasus Uang Palsu di Majalengka, Barang Buktinya Rp2,5 Miliar

FTNews, Jabar--- Sebaran uang palsu sepertinya makin mengkhawatirkan. Masyarakat...

Jawa Barat Raih Penghargaan Provinsi Terbaik Wilayah Jawa-Bali 2024

FTNews --- Provinsi Jawa Barat kembali menorehkan prestasi dengan...

Ini Kronologi Dugaan Awal Mula Remaja Melompat ke Kali Bekasi

FTNews, Bekasi--- Polres Metro Bekasi Kota menjelaskan kronologi upaya...