Mobile Ad
Bahaya Retinol untuk Remaja, Bisa Sebabkan Eksim

Kamis, 02 Mei 2024

FTNews - Tren kecantikan terus meningkat seiring penggunaan media sosial pada remaja. Mereka mengikuti kreator media sosial dalam menggunakan produk kecantikan, satunya yang mengandung bahan retinol. Padahal ada bahaya retinol apabila digunakan remaja.

Asisten profesor klinis dermatologi dan dokter kulit di UCLA Health, Amerika Serikat, Carol Cheng mengatakan bahan tersebut berbahaya bagi kulit muda remaja. Penggunaan produk berbahan retinol dalam jangka panjang dapat menyebabkan eksim.

“Produk-produk tersebut lebih cocok untuk kulit dewasa untuk mengatasi kerutan atau kulit dengan masalah khusus seperti jerawat. Namun untuk remaja, bahan-bahan ini (bahaya retinol) dapat merusak, mengiritasi kulit dan menyebabkan efek sebaliknya yang diharapkan,” jelas Carol, dikutip News Week.

Seiring bertambahnya usia, jumlah kolagen dalam tubuh menurun, sehingga menyebabkan munculnya kerutan. Pada orang dewasa, retinol bermanfaat untuk memperlambat proses penuaan, sementara bagi remaja efeknya sangat berbeda.

Pada remaja, bahaya retinol dapat menyebabkan eksim. Selain itu, membuat kulit mereka menjadi sensitif pada cahaya matahari dan mudah kering.

“Beberapa bahan, seperti bahan pilihan populer, retinol, dapat meningkatkan sensitivitas kulit terhadap sinar matahari,” ujar Szu Shen Wong, dosen ilmu farmasi di Universitas Keele.

bahaya retinol Ilustrasi efek retinol. Foto: News Week

Untuk menghindari bahaya retinol pada remaja, Wong merekomendasikan mereka cukup melakukan rutinitas dasar perawatan kulit. Perawatan seperti membersihkan muka pada pagi dan malam hari. Selain itu, menggunakan tabir surya minimal SPF 30 pada pagi hari. Lalu, gunakan pelembab wajah pada malam hari.

“Pilih formulasi yang sudah diformulasikan untuk anak-anak dan pilih produk dengan pelembab dengan lebih sedikit bahan tambahan yang dapat menyebabkan iritasi dan kepekaan kulit,” tambah Wong.

Bahaya retinol pada remaja juga dapat menimbulkan ruam dan jerawat. Untuk itu, Wong menegaskan, perawatan kulit pada bukan pada pengaplikasian produk, tetapi dengan aktivitas sehari-hari. “tidur yang cukup, hidrasi yang cukup, dan pola makan yang baik. Tidak ada produk perawatan kulit yang bisa melakukannya,” tutup Wong.

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement