Mobile Ad
Kemenparekraf Ajak Wisatawan Trail Run di Danau Toba

Minggu, 17 Mar 2024

FTNews - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengajak para wisatawan untuk ikut berpartisipasi dalam “Trail of the Kings” di Danau Toba. Yakni kegiatan trail run, yang berlatar belakang pemandangan Danau Toba.

Acara ini akan berlangsung pada 4-5 Mei 2024 di Waterfront Pangururan, Samosir, Sumatera Utara.

Menparekraf Sandiaga Uno menyebut, kegiatan trail run ini menjadi bagian dari rangkaian trail run kelas dunia “Ultra Trail du Mont Blanc” yang pertama kalinya berlangsung di Indonesia.

“Kami mengajak para pelari trail dari seluruh Indonesia dan dunia untuk menjajal jalur yang luar biasa indah dan megah melalui partisipasi dalam ‘Trail of the Kings (Zero Edition)’”, ajak Sandiaga secara daring dalam konferensi pers pada hari Jumat (15/3) di Jakarta.
Tampung 1.500 Peserta

Sementara itu, Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT), Jimmy Bernando Panjaitan, mengatakan acara ini dapat menampung 1.500 peserta.

Selain itu, kegiatan ini dapat mempromosikan Danau Toba yang termasuk ke dalam 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Indonesia.

Pemaparan jalur trail run dalam acara Trail of the Kings di Danau Toba, Sumatera Utara. Foto: Kemenparekraf

“Kami ingin mendorong Danau Toba ini sebagai lokasi event based tourism yang sifatnya harus ecogreen,” jelasnya.

“Kami ingin mem-branding DPSP Danau Toba menjadi destinasi kelas dunia dengan event-event kelas dunia,” lanjut Jimmy.

Ia pun juga mengajak para pemegang kepentingan untuk ikut menyukseskan acara ini, serta acara-acara lain yang berkelas internasional di Danau Toba.

Agar, acara-acara ini dapat memberi dampak positif kepada perekonomian masyarakat di sekitar Danau Toba.

Ia menambahkan, bahwa Trail of the Kings (Zero Edition) terbagi ke dalam empat kategori kompetisi. Yakni kategori 5 kilometer (km), 10 km, 27 km, dan 50 km. 

Pendaftaran untuk acara ini sudah dibuka sejak 13 Maret 2024 dalam situs run.trailofthekings.id. Pendaftaran akan mereka tutup setelah kuota peserta telah terpenuhi.

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement