Mobile Ad
Keramas Pakai Kondisioner Jadi Tren, Pertimbangkan Efeknya

Selasa, 16 Apr 2024

FTNews - Tren keramas dengan kondisioner tanpa sampo sedang terjadi. Praktik ini sudah ada sejak lama dan disebut co-washing.

Anna Chacon, MD, dokter kulit di Miami, Florida mengatakan pada praktiknya co-washing adalah membersihkan kulit kepala dan rambut tanpa bahan kimia sampo untuk mempertahankan minyak alaminya.

Kendati demikian, hasil dari praktik ini sangat bervariasi bergantung jenis rambut. Apabila ingin mencobanya, pastikan kondisioner yang kamu gunakan bebas silikon.

Masalah kulit kepala mungkin akan muncul jika sering menerapkan co-washing, seperti penumpukan produk di kulit kepala. Sebab, produk ini tidak memiliki formula untuk kotoran, minyak, dan endapan lainnya pada kulit kepala.

“Jika kulit kepala tidak dibersihkan secara efektif, folikel rambut yang tersumbat dapat menyebabkan ketombe, iritasi, dan dalam kasus yang ekstrem, rambut rontok.” ujar Aanand Geria, MD, dokter kulit di Verona, New Jersey.

Geria melanjutkan, orang dengan rambut berminyak, lurus, atau halus mungkin mengalami hasil tidak terlalu bagus. Kondisioner akan menyebabkan rambut lepek dan kusam. Orang dengan rambut semacam ini sebaiknya tidak melakukan co-washing sama sekali. 

Dokter kulit asal Florida Anna Chacon mengatakan praktik co-washing membuat rambut mengeluarkan aroma yang berbeda. Sebab, shampolah yang membersihkan rambut dan memberikan aroma harum.

"Beberapa orang dengan rambut tebal mungkin menyadari bahwa rambut mereka terkadang berbau musky, bukannya segar dan bersih seperti setelah keramas," kata Chacon.

Namun demikian, aroma rambut bisa dikembalikan ketika kamu kembali menggunakan shampo.

Rambut mungkin juga akan tumbuh lebih lambat akibat keramas dengan kondisioner. Folikel rambut mungkin tidak bisa bernapas dengan baik setelah keramas tanpa sampo. Padahal, ini penting untuk pertumbuhan rambut.

“Sekarang mungkin bukan waktu terbaik untuk mengikuti tren (keramas dengan kondisioner), jika kamu ingin memanjangkan rambut. Tanpa pembersihan kulit kepala menggunakan sampo, pertumbuhan rambut mungkin tidak secepat jika kamu keramas memakai sampo secara teratur." kata Chacon.

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement