Mobile Ad
Muncul Kemerahan Pada Wajah? Bisa Jadi Menderita Rosacea

Kamis, 25 Apr 2024

FTNews - Paparan sinar matahari berpotensi memunculkan kemerahan pada wajah dan kondisi ini bisa terjadi pada siapapun. Akan tetapi, perlu diperhatikan apabila kondisi ini terjadi dalam beberapa hari, besar kemungkinan kamu menderita Rosacea.

Rosacea adalah kondisi peradangan kronis yang umum terjadi pada folikel rambut, kelenjar sebaceous, dan pembuluh darah. Ahli perawatan wajah asal Inggris Kate Kerr mengatakan, kondisi ini bisa terjadi pada wajah.

“Hal ini ditandai dengan kemerahan pada wajah, hipersensitivitas kulit, kemerahan terus-menerus, kapiler pecah, papula dan pustula,” ujarnya, dikutip The Mirror.

Kate menyebut sinar matahari dapat menjadi penyebab rosacea. Selain itu, pola makan, stres, alkohol, dan hormon bisa menjadi pemicunya, meski berbeda-beda pada tiap orang.

Selain pada wajah, kemerahan juga dapat terjadi pada bagian hidung, pipi, dagu, dan dahi. Rosacea mungkin juga dapat menimbulkan benjolan kecil, merah, dan berisi nanah.

Rosacea Foto: The Mirror

Cara Mengatasi Rosacea 

Pakar obat-obatan asal Inggris, Bruce Green mengungkapkan cara mengatasi kondisi ini. Caranya, hindari menggosok wajah dengan kasar saat membersihkan wajah.

Ia juga merekomendasikan untuk menggunakan pembersih ringan tanpa etanol/alkohol dan tanpa surfaktan keras, serta tidak menggunakan pelembab dengan pewangi.

Selain itu, mengutip berbagai sumber, beberapa cara ini dapat kamu terapkan untuk mengatasi rosacea, sebagai berikut:

  • Menggunakan sunscreen dengan SPF 30 atau lebih sebelum beraktivitas di luar ruangan.

  • Penggunaan krim dan gel yang mengandung antibiotik, seperti metronidazol, untuk dioleskan ke kulit. Namun, perlu berkonsultasi dengan dokter.

  • Prosedur terapi laser bertujuan untuk mengurangi kemerahan akibat pembesaran pembuluh darah. 

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement