Beranda Berita Terkini Saat Serah Terima Jabatan, Gus Ipul Doakan Khofifah Jadi Gubernur Jatim 2024-2029

Saat Serah Terima Jabatan, Gus Ipul Doakan Khofifah Jadi Gubernur Jatim 2024-2029

Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak kembali maju sebagai cagub dan cawagub Jawa Timur periode 2024-2029. Foto: @khofifah.ip

FTNews — Khofifah Indar Parawansa secara resmi melakukan serah terima jabatan gubernur Jawa Timur periode 2019-2024 kepada Adhy Karyono, di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Senin, (19/2/2024).

Petahana Gubernur Jawa Tmur Khofifah Indar Parawansa diketahui maju kembali menjadi calon Gubernur Jawa Timur bersama pasangan sebelumnya Emil Dardak untuk periode 2024-2029.

Secara resmi kepemimpinan Khofifah-Emil berakhir pada 13 Februari 2024. Keduanya sudah secara terang-terangan kembali maju pada Pilkada Jatim, 27 November 2024.

Duet Khofifah-Emil untuk lima tahun ke depan pimpin Jawa Timur (2024-2029) saat ini sudah didukung empat partai politik yakni Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Golkar, Partai Gerindra dan Partai Demokrat. Khusus Partai Demokrat memberikan rekomendasi duet Gubernur dan Wagub, Khofifah-Emil.

Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf atau akrab disapa Gus Ipul, yang hadir dalam acara serah terima jabatan gubernur Jawa Timur itu mendoakan Khofifah Indar Parawansa bisa menjabat Gubernur Jawa Timur untuk periode 2024-2029.

“Mudah-mudahan gubernur lima tahun ke depan tetap Bu Khofifah, yang katanya tetap berdampingan dengan Mas Emil Dardak,” ujarnya di sela menghadiri Serah Terima Jabatan (Sertijab) Penjabat Gubernur Jatim di Gedung Negara Grahadi di Surabaya, Senin.

Prestasi gemilang

Wakil Gubernur Jatim periode 2009-2019 itu mengatakan, hasil yang diraih lima tahun terakhir selama kepemimpinan Khofifah-Emil menjadi prestasi gemilang yang secara statistik terukur dari banyaknya penghargaan diraih, serta indikator-indikator investasi pembangunan semakin meningkat.

Khofifah berhasil menorehan 738 penghargaan atas pretasi gemilang selama lima tahun memimpin Jawa Timur.

Menurut Gus Ipul, selama Jatim dipimpin Khofifah-Emil, pertumbuhan ekonomi Jatim meningkat, kemiskinan menurun, lapangan pekerjaan bertambah hingga angka pengangguran menurun. Ini sangat layak diapresiasi.

Selain itu, katanya, kemiskinan ekstrem di wilayah setempat turun secara ekstrem. Tahun 2021, kemiskinan ekstrem sebesar 4,4 persen dan per Maret 2023, jumlah kemiskinan ekstrem turun hingga menjadi 0,82 persen.

Data dari Pemprov Jawa Timur pada September 2023 yang hasilnya baru keluar Maret-April mendatang, diharapkan hasilnya turun lagi hingga mendekati nol persen.

Dari segi investasi, adanya peningkatan penanaman modal asing dan dalam negeri yang sangat signifikan, dengan indikator investasi Penanaman Modal Asing (PMA) dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) Jatim di Triwulan IV 2023 mencapai Rp45 triliun dan total tahun 2023 mencapai Rp145 triliun.

Gus Ipul menyatakan, kita semua masyarakat Jatim saksi nyata selama lima tahun terakhir Bu Khofifah serta Pak Emil sudah melaksanakan kerjanya dengan baik. Semoga menjadi yang dicatat Allah SWT sebagai amal baik.***

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini