Nil Maizar Kritik Kinerja Wasit pada Laga PSMS Medan vs Bekasi City

FT News – Pelatih PSMS Medan, Nil Maizar mengkritik kinerja wasit Bangkit Sanjaya dalam laga PSMS Medan vs FC Bekasi City, Rabu (2/10/2024). Pertandingan yang berlangsung di Stadion Baharuddin Siregar, Lubuk Pakam, Deli Serdang, berkahir 0-0.

Dalam pertandingan itu, Nil Maizar merasa sejumlah keputusan wasit tidak sesuai dengan aturan-aturan dalam sepak bola atau “laws of the game.

“Saya bangga dengan pemain saya karena mereka main total 2×45 menit hingga injury time, menunjukkan karakter sebagai pemain sepak bola yang luar biasa. Namun, saya kecewa dengan hasilnya, dan mudah-mudahan di pertandingan berikutnya melawan Sriwijaya kita bisa dapat hasil yang lebih baik,” kata Nil kepada wartawan.

Yang menjadi perhatian utama Nil adalah keputusan wasit yang dianggap kontroversial, terutama terkait situasi ketika ambulans sudah dipanggil masuk ke lapangan namun kemudian tidak jadi digunakan.

PSMS Medan
Logo PSMS Medan. [wikipedia]
“Saya mempertanyakan, kenapa diputuskan ambulans masuk, lalu kenapa tidak ada kartu kuning ketika sudah dipanggil keluar? Ini bisa jadi bahan evaluasi bagi tim wasit,” ujar Nil.

 

Kritik tersebut terjadi setelah kiper FC Bekasi City, Cahya Supriadi mengerang kesakitan untuk ketiga kalinya saat jatuh setelah mencoba menghalau bola yang dilesatkan pemain PSMS medan gawangnya.

Setelah jatuh untuk ketiga kalinya, wasit membiarkan Cahya Supriadi dirawat petugas medis di dalam lapangan, kendati waktu memasuki menit tambahan babak kedua. Selanjutnya, wasit meminta ambulans masuk ke dalam lapangan.

Bukannya menyuruh pemain segera dibawa ke rumah sakit setelah ambulans masuk ke lapangan, wasit tetap membiarkan Cahya dirawat di lapangan, hingga ambulans ke luar meninggalkan lapangan karena tak jadi digunakan.

Sementara itu, saat injury time juga tidak ada penambahan waktu lebih panjang dan hanya diputuskan lima menit kendati perawatan Cahya dilakukan lebih dari 15 menit hingga mengusik ketenangan pertandingan. Bahkan, wasit juga tidak menyuruh Cahya dirawat di luar lapangan, dan tak ada ganjaran kartu atas tingkahnya yang dinilai tak sportif itu.

BACA JUGA:   Mau Beli Tiket Laga Indonesia vs Australia, Berikut Panduan Lengkap dan Harganya

PSMS Medan
PSMS Medan vs FC Bekasi City. [Instagram @official_psmsmedan]
Meski demikian, Nil tetap memuji semangat juang para pemain PSMS yang berhasil tampil solid.

“Pemain hari ini bagus, saya bangga dengan semangat tim,” ucapnya.

Pemain asing PSMS, Sebastijan Antic, juga memberikan komentarnya setelah pertandingan.

“Aku rasa kami tim yang jauh lebih baik, punya lebih banyak peluang, dan jika kami bisa dapat tiga poin itu akan sangat luar biasa. Kami menunjukkan karakter hebat hari ini. Karena jika kau tak bisa menang, kau juga tak kalah, aku bangga dengan tim ini dan harapannya kami bisa meneruskannya,” tukasnya.

 

Artikel Terkait