Pemimpin Berpengaruh di Aborogin Meninggal Dunia

Forumterkininews.id, Melbourne – Salah satu pemimpin Aborigin paling berpengaruh di Australia, Yunupingu, meninggal dunia. Dia menghembuskan napas terakhirnya di Northern Territory, dalam usia 74 tahun.

Yunupingu adalah perintis dalam memperjuangkan hak tanah dan pengakuan konstitusional masyarakat adat di Australia. Dia meninggal setelah lama sakit.

Perdana Menteri Australia, Anthony Albanese memimpin penghormatan kepada pemimpin klan Gumatj. Menurutnya, dia adalah pemimpin dan negarawan yang hebat.

Catatan untuk pembaca Aborigin dan Kepulauan Selat Torres: Nama belakang dan gambar Yunupingu digunakan di sini sesuai dengan keinginan keluarganya.

“Yunupingu berjalan di dua dunia dalam otoritas, kekuasaan dan keanggunan, dan dia bekerja untuk membuat mereka utuh – bersama-sama,” tulis Albanese di Twitter.

“Dia sekarang berjalan di tempat lain, tapi dia telah meninggalkan jejak yang luar biasa untuk kita ikuti di tempat ini.”

Yunupingu menjadi terkenal dalam gerakan hak atas tanah pada tahun 1960-an, dan merupakan bagian dari kasus hukum Australia pertama yang menguji hak kepemilikan asli orang Bangsa Pertama.

Selama lima puluh tahun berikutnya Yunupingu terus menasihati pemerintah berturut-turut dan juga dirayakan sebagai penyanyi, artis, dan promotor budaya Pribumi.

Dia membantu mendirikan Northern Land Council, yang mewakili pemilik tradisional di Top End Northern Territory, dan juga membantu mendirikan Yothu Yindi Foundation, yang merupakan salah satu badan advokasi puncak untuk Aborigin Australia.

Yunupingu dinobatkan sebagai Australian of the Year pada tahun 1978. Dia juga menerima medali Order of Australia atas jasanya kepada komunitas Aborigin pada tahun 1985.

Artikel Terkait

Detik-detik Pengemudi Mobil Kebut-kebutan Hingga Nyungsep di Kolong Truk

FT News - Sebagai pengguna kendaraan, kita harus mengemudi dengan...

Ingin Bongkar Bobroknya P Diddy, Rapper 50 Cent Siap Buatkan Docuseries

FT News - Rapper, penyanyi, penulis lagu, produser rekaman asal...

Thailand Sahkan UU Pernikahan Sesama Jenis

FT News – Raja Thailand, Maha Vajiralongkorn resmi mengesahkan...

Ekonomi Melambat, Gen Z China Tinggalkan Brand Mewah

FT News – Gen Z di China meninggalkan merek-merek...