Rekor! 13 Juta Siswa di China Ikut Gaokao Tahun Ini

Forumterkininews.id, Shanghai – Kementerian Pendidikan China menyebut setidaknya 13 juta siswa di negara itu akan mengikuti ujian masuk perguruan tinggi tahun ini atau yang biasa disebut “Gaokao”.

“Saya bangun jam 4 pagi setiap hari, kecuali pada hari Minggu, untuk belajar selama empat tahun terakhir,” kata Jesse Rao, siswa sekolah menengah berusia 17 tahun di kota selatan Shenzhen, kepada kantor berita AFP.

Gaokao di China sendiri resmi dibuka mulai Rabu (7/6). Ini merupakan yang pertama sejak pemerintah mengeluarkan kebijakan nol Covid-19.

Untuk sistematis ujian, Gaokao menguji seluruh siswa pada mata pelajaran inti seperti bahasa Cina dan Inggris dan matematika serta mata pelajaran sains atau humaniora pilihan mereka.

Siswa menghabiskan waktu antara 60 dan 150 menit untuk setiap mata pelajaran dengan ujian berlangsung hingga empat hari.

Skor maksimum adalah 750, dengan siswa membutuhkan lebih dari 600 poin untuk mendapatkan tempat di universitas terbaik.

Dikatakan, sangat sedikit yang lolos Gaokao.  Tahun lalu, hanya tiga persen dari mereka yang mengikuti ujian di Guangdong, provinsi terpadat di negara itu, mendapat skor lebih dari 600.

Artikel Terkait

Ingin Bongkar Bobroknya P Diddy, Rapper 50 Cent Siap Buatkan Docuseries

FT News - Rapper, penyanyi, penulis lagu, produser rekaman asal...

Thailand Sahkan UU Pernikahan Sesama Jenis

FT News – Raja Thailand, Maha Vajiralongkorn resmi mengesahkan...

Ekonomi Melambat, Gen Z China Tinggalkan Brand Mewah

FT News – Gen Z di China meninggalkan merek-merek...