KesehatanLifestyle

Seseorang dengan “Control Freak” Cenderung Membahayakan

Forumterkininews.id, Jakarta – Baru-baru ini sempat jadi sorotan seorang wanita bernama Yana Bobrova dari Belgorod, Rusia mengalami penurunan berat badan drastis. Berat badannya hanya tersisa 22 kilogram. Ia pun harus dirawat di rumah sakit karena membiarkan dirinya tidak makan dengan seharusnya.

Ternyata, hal yang Yana lakukan karena perilaku suaminya yang suka mengontrol. Lewat acara “NTV Rusia Beyond the Border”, Yana bercerita. Awalnya, suaminya memiliki berkomentar terhadap pipi bulatnya, sehingga Yana merasa perlu mengurangi berat badan.

Bukan hanya ingin melakukan intervensi dalam penurunan berat badan, suaminya juga memberlakukan pembatasan pada interaksi sosialnya. Suami Yana juga memaksa Yana untuk berhenti dari pekerjaannya. Meskipun Yana telah melakukan penurunan berat badan yang signifikan, suaminya tetap meninggalkannya.

Perilaku yang suami Yana miliki merupakan sebuah sikap yang berkaitan dengan masalah psikologis di mana penderitanya tidak mampu mengontrol dirinya dalam mengontrol orang lain. Sikap ini biasa dikenal dengan sebutan “control freak“.

Mengutip laman pyschologytoday.com, control freak adalah istilah untuk menggambarkan orang-orang yang secara kompulsif berusaha mengarahkan, mengelola, atau bertanggung jawab atas seseorang atau sesuatu.

Orang-orang seperti itu berusaha untuk menjadi penentu dalam pengambilan keputusan yang berdampak pada diri mereka sendiri atau orang lain.

Mereka mengontrol banyak hal di sekitarnya agar sesuai dengan kemauannya. Orang control freak bisa merasa resah dan marah jika sesuatu tidak sesuai dengan keinginan mereka. Mereka yang memiliki sifat ini cenderung terus mengontrol orang lain di lingkungan sekitarnya.

Orang control freak merasa dirinya lebih mengetahui apa yang terbaik untuk semua orang. Mereka juga selalu memaksakan standar yang mereka punya kepada orang lain. Namun, pada beberapa orang sikap suka mengontrol ini bisa karena kecemasan berlebih.

Ciri-ciri Control Freak

Mengutip laman alodokter.com, orang control freak dapat kita temui di lingkungan sekitar kita, berikut ciri-ciri dari orang control freak :

1.Menuntut hal yang tidak masuk akal

2. Menganggap dirinya selalu benar

3. Melakukan gaslighting

4. Berperilaku kasar

Apakah kamu pernah berteman atau berhubungan dengan orang control freak? Atau mungkin kamu sendiri yang termasuk ke dalam orang yang control freak itu?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button