Bambang Susantono: Saya Akan Terus Berkontribusi untuk IKN

FTNews- Usai resmi mundur dan ta lagi menjabat sebagai kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN), Bambang Susantono memastikan akan terus mendukung dan menyumbangkan pemikiran untuk pembangun IKN.

“Saya akan terus menyumbangkan tenaga, pemikiran, dan keahlian kami. Demi terwujudnya IKN yang hijau (green), cerdas (smart), tangguh (resilient), inklusif, dan berkelanjutan (sustainable),”ujar Bambang lewat akun Instagram @bambangsusantono, Rabu (5/6).

Dalam pernyataannya, Bambang Susantono juga mengatakan bahwa IKN adalah simbol peradaban baru Indonesia pada 2045.

“Karena pembangunan IKN yang memiliki konsep Negara Rimba Nusa (sustainable forest city) tak hanya menjadi harapan Indonesia. Tetapi juga harapan dunia untuk model kota masa depan,”paparnya.

Karenanya, lanjut Bambang, konsistensi terhadap rencana tata ruang dan prinsip-prinsip environment, sosial and governance (ESG) akan terus dipantau oleh masyarakat Indonesia dan warga global.

(Bambang Susantono/ Dok: IKN)

Platform Penting IKN

Selain itu, ia juga menyampaikan ada tiga platform penting bagi IKN. Yakni peta jalan perubahan iklim (locally determined contribution for climate change), rencana pembangunan keanekaragaman hayati (biodiversity positive plan). Serta peta jalan untuk sustainable development goals.

“SDG harus menjadi panglima dalam pelaksanaan pembangunan di lapangan,” imbuh Bambang Susantono.

Sehingga, meski tidak lagi menjabat sebagai Kepala OIKN,  pembangunan ibu kota Indonesia di Kalimantan Timur itu menurutnya perlu terus didukung.

“Sebagaimana diumumkan oleh Menteri Sekretaris Negara, Presiden jokowi telah melakukan pergantian pimpinan di Otorita IKN sejak Juni 2024. Sehubungan dengan hal itu, izinkan saya menyampaikan bahwa pembangunan IKN perlu terus bersama-sama kami dukung,” ujar Bambang.

Lebih lanjut, Bambang juga meminta maaf jika ada kesalahan dalam menjalankan tugas saat menjabat sebagai Kepala Otorita IKN.

Dia menyampaikan terima kasih ke semua pihak yang bekerja membangun landasan pembangunan IKN.

BACA JUGA:   Kembali, Indonesia Kirim Bantuan Kemanusiaan ke Palestina dan Sudan

“Saya harapkan ‘nusantara adalah kita dan kita adalah nusantara’ tetap sama-sama terpatri dalam hati sanubari kita,” ucapnya.

Tak hanya itu, ia juga menyampaikan terima kasih ke warga Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara, termasuk warga Kecamatan Sepaku.

Bambang turut mengapresiasi elemen masyarakat, penggerak komunitas, hingga lembaga dan kementerian yang telah mendukung pembangunan IKN Nusantara.

Artikel Terkait