Mobile Ad
Bikin Semrawut Wajah Jakarta, di Luar Negeri Ada Baliho Pemilu Nggak Ya?

Selasa, 23 Jan 2024

FTNews -  Lebih dari 50 negara yang merupakan rumah bagi setengah populasi dunia akan menyelenggarakan pemilu nasional pada tahun 2024. Bukan cuma warga mereka yang ada di dalam negeri, mereka yang di luar negeri pun punya hak ikut pemilu.

Pemilu biasanya identik dengan kampanye dan baliho para kandidat. Contohnya saja di Indonesia. Jakarta sebagai Ibukota negara, wajahnya sudah penuh dengan pemasangan baliho caleg dan capres jelang pemilu 2024. Kadang bikin semrawut, kadang juga membahayakan pengguna jalan. Kira-kira, kalau di luar negeri ada baliho juga nggak ya?

Jawabannya ada!. Melansir berbagai sumber, di banyak negara di luar negeri terutama dalam konteks pemilihan umum atau kampanye politik, pemasangan baliho kampanye adalah sebuah praktik umum.

Yang mana biasanya kandidat gunakan untuk mempromosikan diri mereka kepada pemilih. Sistem kampanye politik dan cara pemasangan baliho dapat bervariasi antar negara dan sering kali bergantung pada aturan dan regulasi setempat.

Pemasangan baliho kampanye di luar negeri mirip dengan praktik yang terjadi di Indonesia. Kandidat atau partai politik biasanya memasang baliho di lokasi-lokasi strategis. Seperti pusat kota, jalan-jalan utama, dan area umum lainnya untuk meningkatkan visibilitas mereka dan mempengaruhi opini pemilih.

(Pemilu di Taiwan/AP)

Namun, penting untuk diingat bahwa aturan terkait kampanye politik dan pemasangan baliho dapat berbeda-beda di setiap negara.

Berikut adalah beberapa contoh negara lain di luar Indonesia yang memperbolehkan pemasangan baliho saat kampanye.
Amerika Serikat

Selama pemilihan presiden dan pemilihan umum lainnya di Amerika Serikat, kandidat dan partai politik memasang baliho kampanye di seluruh negeri. Terutama di negara bagian yang dianggap sebagai "swing state" atau negara bagian yang hasilnya dapat mempengaruhi hasil pemilihan.

India

India adalah salah satu negara dengan jumlah pemilih terbanyak di dunia. Selama pemilihan umum di India, baliho kampanye dapat ditemukan di berbagai wilayah, termasuk di perkotaan dan pedesaan.

Brasil

Selama pemilihan umum di Brasil, kandidat dan partai politik memasang baliho kampanye di berbagai wilayah, terutama di pusat kota dan area yang padat penduduk.

 



Prancis

Selama pemilihan presiden dan pemilihan umum di Prancis, baliho kampanye sering terlihat di seluruh negeri, terutama di kota-kota besar dan pusat-pusat kota.

Jepang

Pada pemilihan umum di Jepang, kandidat dan partai politik memasang baliho kampanye di wilayah-wilayah urban dan suburban untuk meningkatkan visibilitas mereka.

Australia

Baliho kampanye juga digunakan di Australia selama pemilihan federal dan pemilihan negara bagian. Baliho dapat ditemukan di kota-kota besar, pinggiran kota, dan di sepanjang jalan-jalan utama.

Pemasangan baliho kampanye ini mencerminkan praktik umum di banyak negara. Yang berusaha untuk mencapai pemilih dengan meningkatkan visibilitas kandidat dan menyampaikan pesan kampanye mereka kepada masyarakat luas.

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement