Mobile Ad
Cara Polsek Tambora Tekan Angka Kenakalan Remaja

Kamis, 22 Jun 2023

Forumterkininews.id, Jakarta - Puluhan remaja yang sebagain besar pernah ditangkap karena tawuran yang berasal dari wilayah Polsek Tambora, Polres Metro Jakarta Barat diberikan pelatihan di SDM Polda Metro Jaya, pada Kamis (22/6).

Karo SDM Polda Metro Jaya, Kombes Langgeng Purnomo mengatakan bahwa pelatihan ini dilakukan atas permintaan dari Polsek Tambora.

“Hari ini Polda Metro melakukan pelatihan kepada 30 orang remaja. Hal ini atas permintaan dari Polsek Tambora,” ucap Langgeng, dalam keterangannya, pada Kamis (22/6).

Pelatihan ini dilakukan karena proses penegakan hukum belum cukup terbukti dapat menurunkan angka kejahatan remaja. Maka perlu keterpaduan antara upaya penangkalan, pencegahan, dan proses penegakan hukum.

“Kami melakukan perubahan mindset dengan penguatan cinta tanah air Indonesia. Melalui penguatan karakter yang dijiwai jati diri Bangsa Indonesia,” kata Langgeng.

Kemudian adapun peserta pelatihan ini diutamakan remaja yang berusia di bawah 20 tahun. Karena mereka bagian dari generasi emas Indonesia sebagai bonus demografi Indonesia pada tahun 2045 nanti.

"Metode pelatihan menggunakan metode dialogis dengan memberikan energi positif kepada para remaja untuk mewujudkan cita-citanya. Kami mengarahkan mereka untuk menjadi SDM unggul Indonesia emas tahun 2045 yang mencintai tanah airnya,” tutur Langgeng.

Sementara itu output dari pelatihan ini adalah tumbuhnya rasa cinta tanah air yang berasal dari kesadaran dalam diri para remaja ini. Mereka diharapkan dapat mengimplementasikan hasil dari pelatihan ini dengan cara mentaati aturan yang ada dalam kehidupan masyarakat.

Dalam kesempatan yang sama, Kapolsek Tambora, Kompol Putra Pratama menjelaskan bahwa 30 orang remaja yang dikirim ke Polda ini sebagian besar pernah berurusan dengan Polsek Tambora karena ditangkap melakukan tawuran.

"30 remaja ini adalah warga asli Tambora. Selain pengurus karang taruna, sebagian besar adalah remaja-remaja yang pernah ditangkap Polsek Tambora karena tawuran. Kami harapkan melalui short course ini mereka dapat menjadi sahabat polisi yang berkarakter cinta tanah air dalam menebar kebaikan di wilayah Tambora,” tutup Putra.

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement