Mobile Ad
Cetak Prestasi Sepak Bola, Pembangunan "Training Center" di IKN Capai 20 Persen

Kamis, 18 Jan 2024

FTNews - Pembangunan Training Center (TC) di Ibu Kota Nusantara (IKN) Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, sudah berjalan 20 persen.

Training Center ini merupakan wujud untuk meningkatkan prestasi sepak bola Indonesia. Salah satunya, melalui peningkatan fasilitas bertaraf internasional.

Selain itu para pemain, pelatih dan official akan berlatih sesuai dengan fasilitas dan lingkungan yang mendukung agar bisa mengembangkan kemampuan dengan baik.

Baru-baru ini, Presiden Joko Widodo, bersama Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh  Indonesia (PSSI), Erick Thohir datang meninjau secara langsung.

Melalui laman Instagramnya Jokowi berharap pembangunan TC ini bisa selesai dengan cepat di tahun 2024.

"Progres pembangunan Pusat Pelatihan (Training Center) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. sudah mencapai 20 persen dan diharapkan selesai pada Mei 2024," terang Jokowi.

Pembangunan ini merupakan TC tahap 1 akan fokus kepada lapangan rumput artifisial, lapangan rumput natural, asrama, dan ruang ganti pemain. Perlu diketahui, FIFA menghibahkan dana sebesar Rp19,2 miliar untuk sepak bola Indonesia.

Presiden Joko Widodo, sedang meninjau Training Center di Ibu Kota Nusantara (IKN). (Foto:Instagram/jokowi)

Fasilitas TC


Fasilitas pada asrama terdiri dari 28 twins room untuk pemain, 10 single room untuk pelatih dan 3 suite untuk pelatih kepala. Total mampu menampung hingga 70 orang.

Presiden Jokowi juga menjelaskan bahwa bulan Juni mendatang, pusat pelatihan ini sudah bisa berjalan sebagai training camp.

"Diperkirakan pada bulan Juni dengan rumput yang telah tersemai, pusat pelatihan sudah bisa dipakai sebagai training camp," tuturnya.

Hal ini juga sebagai dorongan utamanya kepada tim U-20 yang menargetkan berlaga di Piala Dunia U-20 2025 mendatang.

"Kehadiran pusat pelatihan ini jelas mendukung persiapan Tim Nasional, baik dari junior U-20, senior, serta sepak bola perempuan," jelas Jokowi.

Tim U-20 Indonesia sendiri sempat gagal melaju ke Piala Dunia U-20 2023. Karena batalnya Indonesia dalam menggelar ajang tersebut.

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement