Mobile Ad
GM Anish Giri Duduki Peringkat Pertama, GM Ding Liren Telan Kekalahan

Rabu, 17 Jan 2024

FTNews - Memenangkan pertandingan melawan GM Gukesh Dommaraju, GM Anish Giri duduki peringkat pertama di kelasemen sementara Tata Chess Steel 2024 dengan 3,5 poin. GM Alireza Firouzja terpaksa turun ke posisi 2 setelah pertandingannya melawan GM Nodirbek Abdusattorov berakhir remis.

Anish Giri memenangkan pertandingannya dengan brilian. Walaupun ia sempat khawatir Gukesh akan membuat pertahanan yang tidak dapat ditembus, namun Anish berhasil memanfaatkan keunggulan posisinya.

“Saya mencapai begitu banyak untuk sampai di titik ini. Akan tidak adil jika posisi ini menjadi fortress,” ungkapnya dalam interview bersama Tata Steel Chess.

Kabar buruk bagi sang juara dunia, GM Ding Liren harus menelan kekalahannya melawan bintang muda asal India, GM Pragnanandhaa Rameshbabu. Dalam pembukaan permainan, Ding Liren menggertak Pragnanandhaa pada tahap pembukaan dengan bermain dengan cepat.

Walaupun taktiknya berhasil membakar waktu Pragnanandhaa, namun langkah yang tidak optimal membuat Ding Liren mengalami kerugian. Dengan waktu yang tidak banyak, Pragnanandhaa berhasil memanfaatkan keunggulan tersebut dan memenangkan pertandingannya.

Pragnanandhaa mengatakan bahwa permainan ini terasa sangat “mulus” untuknya.

“Saya merasa saya bisa menyeimbangkan (posisi) dengan mudah dan entah mengapa keadaan mulai tidak baik untuknya. Bahkan setelah saya memenangkan bidak itu, saya merasa ia (Ding Liren) dapat mempertahankan bidak tersebut,” ucap Prag dalam wawancaranya.

Rekan senegara Ding Liren, GM Wei Yi juga memenangkan pertandingannya melawan GM Parham Maghsoodloo. Pertandingan berjalan begitu sengit dan Wei Yi juga hampir kehilangan keunggulannya, namun ia berhasil memenangkan pertandingan tersebut.

Pertandingan tersisa para peserta lainnya berakhir remis. Seperti pertandingan GM Ian Nepomniactchi melawan Alexander Donchencko, GM Jorden van Foreest melawan GM Vidit Santosh Gujrathi, dan GM Max Warmerdam melawan GM Ju Wenjun.

Kelasemen sementara Tata Steel Chess di ronde ke 4. Foto: Chess.com

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement