Mobile Ad
Indonesia Berhasil Tundukkan Vietnam 1-0 di Piala Asia 2023

Jumat, 19 Jan 2024

FTNews -  Timnas Indonesia berhasil meraih kemenangannya atas Vietnam dengan skor 1-0 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Qatar, Jumat (19/1).

Pada awal pertandingan Indonesia berhasil mendominasi permainan. Beberapa kali peluang hampir berhasil dieksekusi, namun tidak membuahkan hasil.

Pemain muda Indonesia, Marselino Ferdinan beberapakali memberikan gempuran namun, masih berhasil pertahanan Vietnam gagalkan.

Bahkan tembakan dari pemain Indonesia sudah sering dilakukan, tetapi masih melewati dari mistar gawang.

Hingga terjadi pelanggaran yang  pemain Vietnam, Nguyen Thanh Binh lalukan kepada Rafael Struick dengan menarik pemain tersebut hingga terjatuh dalam kotak penalti.

Dari kejadian tersebut, wasit memberikan hadiah ke Indonesia penalti yang sudah mereka cek dengan VAR bahwa itu merupakan sebuah pelanggaran.

Timnas Indonesia. Foto: PSSI

Eksekusi Penalti


Kapten Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam yang menjadi kepercayaan Timnas Indonesia mengeksekusi penalti tersebut.

Asnawi yang sudah mendapatkan kepercayaan tersebut, berhasil memanfaatkannya dengan baik. Sehingga menciptakan 1 gol pada babak pertama untuk Indonesia. Tendangan Asnawi tidak tertebak oleh penjaga gawang Vitenam, Filip Nguyen.

Indonesia pun unggul pada babak pertama. Selanjutnya di babak kedua, Vietnam merasa bisa mengalahkan Indonesia. Terus melakukan gempuran, serangan demi serangan.

Tetapi pertahanan Indonesia yang kuat, terlebih lini pertahanan Indonesia seperti, Justin Hubner, Asnawi serta penjaga gawang Indonesia, Ernado Ari melakukan pertahanan dengan baik.

Pertandingan babak kedua semakin memanas. Naturalisasi Indonesia, Jordi Amat terpaksa harus keluar dari permainan. Hal tersebut karena ia terkena sikut yang lawan lakukan. Hingga membuat hidungnya mengeluarkan darah.

Witan pun juga menggantikan Asnawi pada babak kedua. Hal ini Shin Tae-Yong (STY) lakukan agar menjaga stamina para pemain Indonesia.

Hokky Caraka yang menjadi kepercayaan STY, beberapa kali mendapatkan bola dengan baik. Tetapi kembali lagi, pemain Indonesia gagal mengeksekusi karena sulitnya pertahanan Vietnam.

Hingga babak dua berakhir, Timnas Indonesia resmi meraih kemenangannya dengan skor 1-0. Sehingga Indonesia mendapatkan 3 poin pada Grup D Piala Asia 2023.

Kini Skuad Garuda harus mematangkan dan mempersiapkan permainan lebih baik lagi ke depannya. Karena mereka harus mengalahkan Tim raksasa Asia, yakni Jepang pada laga selanjutnya, pada Rabu (24/1) di  Al Thumama Stadium, Doha, Qatar.

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement