Mobile Ad
Indonesia Punya Rekor Menarik di Stadion Abdullah bin Khalifa

Senin, 29 Apr 2024

FTNews - Tim U-23 Indonesia akan bertemu dengan Uzbekistan di babak semi-final yang akan berlangsung pada Senin (29/1) malam. Pemenang dari laga ini, akan lanjut ke babak final dan juga mendapatkan tiket menuju Olimpiade Paris 2024.

Namun, terdapat sebuah fakta menarik terkait pertandingan ini. Pertandingan antara Indonesia dan Uzbekistan akan berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar.

Lantas, apa yang menarik dari tempat pertandingan ini? Ternyata, Indonesia tak pernah terkalahkan selama bermain di stadion yang berkapasitas 10.000 penonton ini.

Stadion yang berdiri pada Februari 2013 ini menjadi saksi kehebatan Indonesia dalam menaklukan lawannya. 

Saat AFC 2023 berlangsung, timnas (tim nasional) senior Indonesia, sempat bermain di stadion ini pada tanggal 19 Januari 2024 untuk pertama kalinya. Pada pertandingan itu, Indonesia bertemu dengan rival se-ASEAN-nya, yaitu Vietnam.

Indonesia berhasil menaklukan Vietnam melalui gol tunggalnya Asnawi Mangkualam dari titik putih. Setelah itu, Indonesia berhasil mengalahkan Vietnam sebanyak dua kali dalam pertemuannya di kualifikasi Piala Dunia 2026.

Saksi Perjuangan Indonesia di AFC U-23 2024


Shin Tae-Yong Tepati Janji Tim U-23 Indonesia merayakan kemenangan mereka di Stadion Abdullah bin Khalifa setelah melawan Korea Selatan. (Foto: AFC)

Selang satu bulan kemudian, Indonesia kembali bermain di stadion ini pada 18 April 2024. Kali ini, Tim U-23 Indonesia yang ikut bertanding. Dalam pertandingan tersebut, Indonesia melawan Australia dalam kualifikasi babak grup di AFC U-23 2024.

Indonesia memenangkan pertandingan tersebut dengan skor 1-0 berkat gol tunggal dari Komang Teguh. Kemenangan ini juga berhasil meluncurkan Timnas Indonesia ke babak 16 besar.

Sebelumnya, Tim U-23 Indonesia pernah bertemu dengan Australia dalam kualifikasi AFC U-23 2022 pada tahun 2021 silam. Dalam dua pertemuan tersebut, Australia berhasil memenangkan seluruh pertandingannya melawan Indonesia.

Indonesia juga menggunakan stadion Abdullah bin Khalifa kembali dalam pertemuannya melawan Yordania saat bertemu di fase grup AFC U-23 2024. Kali ini, Indonesia berhasil mencetak kemenangan terbesarnya dalam turnamen ini.

Garuda Muda berhasil menggilas Yordania dengan skor 4-1. Kemenangan ini menjadi kemenangan yang mengokohkan Indonesia untuk lolos ke babak 16 besar.

Setelah berhasil lolos ke babak perdelapan, Indonesia dihadapi dengan salah satu jagoan dari AFC U-23 ini, yaitu Korea Selatan. Indonesia kembali bermain di Stadion Abdullah bin Khalifa.

Terjadi lagi, Indonesia berhasil memenangkan pertandingannya melawan Korea Selatan, yang merupakan salah satu favorit di dalam turnamen ini. Meskipun penuh dengan drama hingga babak adu penalti, namun Indonesia yang akhirnya dapat melaju ke babak semi-final. Selain itu, pertandingan ini berhasil memecahkan rekor penonton terbanyak di stadion ini dengan 9.105 penonton.

Kini, pertandingan antara Indonesia dan Uzbekistan akan berlangsung kembali di Stadion Abdullah bin Khalifa. Jika statistik Indonesia bermain di stadion ini sangat baik, apakah Indonesia dapat mengalahkan Uzbekistan pada Senin malam nanti?

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement