Mobile Ad
Ini Faktor Utama Penyebab Kekalahan Telak Garuda Pertiwi

Selasa, 07 Mei 2024

FTNews - Tim Filipina wanita U-17 berhasil taklukkan Indonesia 6-1. Penyebab kekalahan telak Garuda Pertiwi cukup banyak. Namun ada beberapa faktor utama yang dapat mereka evaluasi.

Tim asuhan pelatih, Satoru Mochizuki itu mengalami kekalahan yang cukup tragis. Walaupun mereka berhasil memberikan sebuah gol melalui, tendangan cantik Claudia Scheunemann menit 12.

“Kita sudah berusaha paling bagus, tim ini juga persiapan hanya satu bulan, jadi masih banyak yang harus diperbaiki, semoga kedepannya kita bisa perbaikan dan lebih kompak lagi, step by step bisa lebih bagus lagi,” ujar Claudia dalam PSSI.

Pemain tim U-17 wanita Indonesia, Claudia Scheunemann . (Foto: Instagram/Claudia)

Dengan waktu persiapan yang singkat tersebut tentu akan mempengaruhi performa setiap pemain. Perlu kita ingat pelatih asal Jepang tersebut baru turun mendapatkan mandat melatih Garuda Pertiwi akhir bulan Febuari.

Serta tim wanita kelompok umur tersebut baru melakukan pemusatan latihan dengan waktu yang effisien pada Minggu (14/4). Karena mereka baru terbentuk melalui seleksi yang terselenggara pada bulan Maret lalu.

Sehingga waktu tersebut merupakan persiapan yang sangat singkat. Terlebih mengingat pada ajang ini, tim lawan merupakan Skuat yang sudah terbentuk dengan baik dalam waktu yang sesuai.

Pertandingan tim U-17 Indonesia lawan U-17 Filipina. (Foto: PSSI)

Tetapi dalam hal ini, kemampuan para pemain sudah terbilang bagus. Dengan skill yang mereka sudah miliki, permainan beberapa pemain sudah dapat memposisikan dirinya dengan baik sesuai arahan pelatih.

"Harus siap di posisi manapun yang coach suruh. Soalnya kita tadi sudah mulai kebobolan banyak, jadi harus memperkuat lini tengah ke belakang,” ujar pemain yang tergabung pada timnas senior wanita Indonesia ini.

Evaluasi Utama


Tim Garuda Pertiwi. (Foto: PSSI)

Melihat laga yang akan datang melawan Korea Selatan di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Kamis (9/5). Tentunya mereka akan melihat apa yang menjadi kekurangan dan penyebab utama kekalahan.

Karena laga tersebut, merupakan kunci untuk mendapatkan tiket lolos dari fase Grup A Piala Asia U-17 wanita 2024 ini. "Harus lebih banyak bicara lagi di atas lapangan, di lapangan harus berisik, jangan diam," ujarnya.

Kini Indonesia berada pada posisi ketiga dalam klasemen sementara. Sedangkan Korea Selatan berada pada posisi terakhir karena selisih jumlah gol dari Indonesia. Untuk Korea Utara memimpin dengan tiga poinnya, dan Filipina berada pada urutan ke dua dengan keberhasilan catatan 3 poinnya.

[embed]https://www.tiktok.com/@timnasindonesia/video/7365856349592276231?is_from_webapp=1&sender_device=pc[/embed]

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement