Mobile Ad
Ini Sosok Pecatur Pertama China yang Menangkan Tata Steel Chess

Selasa, 30 Jan 2024

FTNews - Pertandingan Tata Steel Chess 2024 baru saja selesai dan meninggalkan jejak yang sangat istimewa. Persaingan yang sangat sengit hingga akhir turnamen di mana sebanyak lima peserta seri di posisi pertama.

Pertandingan di hari terakhir Tata Steel Chess harus berakhir sengit di laga play-off untuk menentukan pemenangnya. Pada akhirnya, GM Wei Yi, pria berumur 24 tahun menjuarai turnamen ini yang sebelumnya ia dianggap sebagai “kuda hitam”.

Perjalanan Wei Yi di dalam catur sangat mengesankan. Pasalnya, ia menjadi pemain termuda kesembilan di dunia yang meraih gelar Grandmaster (GM) pada umur 13 tahun, 8 bulan, dan 23 hari. 

Selain itu, ia menjadi pemain termuda yang pernah mencapai rating 2700 di umurnya yang ke 15. Ia bahkan mengalahkan pemain nomer satu di dunia, Magnus Carlsen, yang menggapai rating 2700 di umurnya ke 16.

Wei Yi lahir di Yancheng, Jiangsu, China pada tanggal 2 Juni 1999. Di umurnya yang terbilang muda ini, ia sudah menoreh banyak penghargaan untuk namanya.

Perjalanan Wei Yi Meraih Gelar Grandmaster


Wei Yi saat memenangkan Men's Individual Rapid di Asian Games 2022. Foto: FIDE

Wei Yi pertama kali memenangkan pertandingannya melawan seorang Grandmaster saat menghadiri World Junior Chess Championship pada Agustus 2012. Saat itu, ia masih berumur 12 tahun.

Pada bulan Oktober di tahun yang sama, ia mendapatkan GM norm keduanya saat menghadiri Indonesian Open Chess Championship. Para pemain catur mengalahkan seseorang dengan gelar Grandmaster setidaknya lima kali. Kemenangan ini akan terhitung sebagai GM norm untuk bekalnya menjadi seorang Grandmaster.

GM norm terakhir, ia peroleh di Reykjavik Open melawan GM Maxime Vachier-Legrave tahun 2013 yang meresmikan Wei Yi memperoleh gelar Grandmaster.

Saat ini, Wei Yi memiliki rating sebesar 2755 yang menduduki nomor ke 9 di dunia. Di China, ia berada di bawah sang juara dunia, GM Ding Liren, yang memiliki rating tertinggi di China saat ini.

Wei Yi juga pernah membantu negaranya memenangkan medali emas di ajang Asian Games 2022 di kategori Men’s Individual Rapid. 

Tahun ini, Wei Yi memulai tahun dengan kemenangan yang sangat tak terduga di Tata Steel Chess 2024. Dari pertandingan ini juga, Wei Yi melampaui rekor rating tertingginya yang sebelumnya sebesar 2753 dan sekarang ia memiliki rating sebesar 2755.

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement