Mobile Ad
Intip Kekuatan dan Peluang Industri Gim Indonesia

Kamis, 18 Jan 2024

FTNews - Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka optimistis industri gim di Indonesia punya peluang besar.

Dalam unggahannya di media sosial X (sebelumnya twitter) ia membahas tentang industri E-Sport dan gim di Indonesia. Menurutnya, industri gim di Indonesia itu sangat besar, bahkan pendapatan industri ini mencapai Rp25 triliun selama tahun 2022.

“Jadi mari kita beri kesempatan anak-anak kreatif indonesia agar bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Hilirisasi digital akan kita dorong agar banyak talent digital mampu menghasilkan karya yang layak dan mencukupi kebutuhan industri,” katanya, Kamis (18/1).

Menurut putra sulung Presiden Joko Widodo ini, industri gim Indonesia memiliki tantangan untuk berkompetisi dengan produk asing. Selain itu, dengan tumbuhnya 98 developer gim lokal, Gibran ingin memajukan industri gim di Indonesia.

Kekuatan dan Peluang Industri Gim Indonesia


Tim Nasional Indonesia menyumbang medali emas dalam E-Sport gim Valorant. Foto: Richard Permana

Penelitian dari Universitas Bina Nusantara membahas tentang kekuatan (strength) dan peluang (opportunity) industri gim Indonesia. Berdasarkan penelitian mereka, setidaknya sudah ada empat aspek penting yang sudah ada di dalam industri E-Sport dan gim di Indonesia.

  1. Adanya keorganisasian/kelembagaan.

  2. Sumber daya manusia atau pemain E-Sport yang berprestasi.

  3. Kompetisi yang konsisten dan pengelolaan yang profesional.

  4. Dan, adanya dukungan dari pemerintah.


Tentu ini menjadi dasar kekuatan dasar industri gim di Indonesia. Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) meresmikan Pengurus Besar E-Sport Indonesia (PB.ESI) pada tahun 2020 sebagai langkah konkret Indonesia dalam memajukan industri ini.

Selain itu, juga ada organisasi yang berdiri sebelum PB.ESI seperti Indonesia Esports Association (IESPA) dan Asosiasi Olahraga Video Game Indonesia (AVGI). Meskipun tidak sebesar klub olahraga pada umumnya, tetapi organisasi-organisasi ini sangat membantu dalam pertumbuhan E-Sport di Indonesia.

Prestasi Indonesia dalam E-Sport sendiri sudah mulai bertaburan. Seperti pada SEA Games Kamboja pada tahun 2023, E-Sport Indonesia berhasil menyumbang lima medali yang terdiri atas tiga emas dan dua perak.

Tidak hanya itu, banyak pemain E-Sport dari Indonesia bermain di level dunia dan bergabung dengan klub E-Sport internasional.

Tidak hanya itu, berdasarkan data Outlook Pariwisata & Ekonomi Kreatif 2021/2022 industri aplikasi dan gim Indonesia menjadi subsektor dengan laju pertumbuhan tertinggi kedua.

Laju pertumbuhan subsektor aplikasi dan gim dengan 9,17 persen, di bawah subsektor televisi dan radio (9,48 persen).

Prestasi terbaru dalam gim industri gim Indonesia adalah gim buatan Toge Productions dan Mojiken Studios, A Space for The Unbound. Gim yang rilis pada 19 Januari 2023 ini meraih banyak penghargaan di internasional.

Gim lokal ini berhasil meraih penghargaan kategori “Future Division” dalam Japan Game Awards 2022. Selain itu, gim ini memasuki nominasi dalam ajang terbesar industri gim di dunia, yaitu The Game Awards 2023.

Namun, gim A Space for the Unbound harus kalah melawan gim Tchia buatan Awaceb/Kepler Interactive.

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement