Mobile Ad
Ketua KPK Firli Bahuri Bakal Diperiksa di Bareskrim Polri Hari Ini

Selasa, 24 Okt 2023

Forumterkininews.id, Jakarta - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI, Firli Bahuri (FB) kembali mendapat jadwal pemeriksaan terkait kasus dugaan pemerasan. Namun tempat pemeriksaan berubah. Awalnya di Polda Metro Jaya menjadi di Dittipidkor Bareskrim Polri.
Pemeriksaan petinggi komisi antirasuah ini terkait kasus dugaan pemerasan terhadap eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) dalam penanganan perkara tahun 2021.

Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak mengatakan pelaksanaan pemeriksaan FB akan berlangsung di ruang riksa Dittipidkor Bareskrim Polri.

“Dirreskrimsus Polda Metro Jaya telah berkoordinasi dengan Dirtipidkor Bareskrim Polri untuk melaksanakan pemeriksaan/permintaan keterangan sebagai saksi terhadap FB, Ketua KPK RI di ruang riksa Dittipidkor Bareskrim Polri pada hari Selasa, 24 Oktober 2023 pukul 10.00 WIB,” kata Ade Safri, kepada wartawan, di Jakarta, Selasa (24/10).


Perubahan tempat pemeriksaan tersebut pihaknya lakukan usai menerima surat yang pimpinan KPK layangkan pada 23 Oktober 2023 pukul 21.40 WIB.

“Penyidik Subdit Tipikor Ditreskrimsus Polda Metro Jaya telah menerima surat yang ditujukan kepada Dirtipidkor Bareskrim Polri dan Dirreskrimsus Polda Metro Jaya selaku penyidik. Memohon agar mengizinkan pemeriksaan Ketua KPK RI di Kantor Bareskrim Polri,” ucap Ade Safri.

Sebelumnya, Firli Bahuri mangkir dari pemanggilan tim penyidik Subdit Tipidkor Ditreskrimum Polda Metro Jaya, pada Jumat (20/10). 

Staf Fungsional Biro Hukum KPK RI melayangkan surat penundaan pemeriksaan terhadap Firli.

Sementara itu Ade Safri menuturkan permintaan penundaan pemeriksaan ini karena bersamaan dengan kegiatan yang telah terjadwal sebelumnya.

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement