Mobile Ad
Kualifikasi Piala Dunia : Garuda Bungkam Vietnam 1-0

Kamis, 21 Mar 2024

FTNews - Timnas Indonesia berhasil meraih kemenangan 1-0 atas Vietnam dalam laga Kualifikasi Piala Dunia Zona Asia 2026, di Stadion Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta, Kamis (21/3).

Laga pertama antara Garuda melawan Vietnam berlangsung sengit. Di awal permainan Vietnam unggul mendominasi lapangan.

Namun, mereka tidak bisa menembus pertahanan Indonesia. Beberapa kesempatan mereka lemparkan peluang tetapi masih jauh dari kata gol.

Pertahanan Indonesia kini semakin membaik, terbukti dengan adanya naturalisasi Jay Idzes yang mengisi bek tengah Indonesia.

Idzes berhasil mencuri pandangan penonton dengan cara bermainnya yang sangat baik. Walaupun ada serangan yang terjadi kepada Indonesia, pemain keturunan Belanda-Indonesia itu berhasil mematahkannya.

Naturalisasi Indonesia, Jay Idzes. (Foto: PSSI)

Bahkan ini merupakan debut yang sangat bagus. Vietnam bahkan belum sama sekali memberikan tekanan tinggi pada penjaga gawang Indonesia, Adi Satryo.

Indonesia juga memberikan tekanan beberapa kali kepada Vietnam pada babak pertama, melalui tendangan penyerang, Rafael Struick tetapi tendangannya kurang keras sehingga masih dapat kiper Vietnam hadang.

Babak pertama belum menemukan poin dari masing-masing tim. Hingga babak kedua berlangsung, Timnas Indonesia melakukan pergantian pemain. Mulai dari Pratama Arhan yang menggantikan Hokky Caraka, Nathan Tjoe-A-On diganti Egy Maulana dan Yakop Sayuri ditarik mundur lalu masuk Sandy Walsh.

Pola permainan Garuda berubah pada babak kedua, hal tersebut terlihat dengan taktik yang berhasil menembus Vietnam.

Pemain timnas Indonesia, Egy Maulana Vikri. (Foto : PSSI)

Hingga pada menit ke-52 Indonesia mendapatkan kesempatan lemparan jauh. Tentu hal itu tidak Arhan sia-siakan, dan berhasil membuahkan gol.

Gol itu berasal dari lemparan yang masuk dalam kotak penalti namun tidak bisa dikontrol baik oleh pemain Vietnam, Sehingga Egy mengambil kesempatan tersebut dan mencatatkan golnya.

Selanjutnya Timnas berhasil bermain dengan tenang, walaupun beberapa kali terkena serangan. Berkat pertahanan Jay Idzes dan kawan-kawannya tidak menembus gawang Garuda.

Sempat terjadi umpan silang yang Arhan berikan kepada Egy lagi, namun kiper Vietnam masih berhasil menyapu bersih tendangan tersebut.

Timnas Indonesia. (Foto:PSSI)

Dengan ini Garuda resmi menambahkan poinnya menjadi 4. Menggeser Vietnam yang berawal pada posisi kedua.

Kini, Timnas harus mempersiapkan kembali laga yang akan datang yakni bertadang di Stadion My Dinh, Hanoi, Selasa (26/3).

Pada pertandingan selanjutnya akan ada nama baru yang mengisi tengah dan depan Indonesia, yakni Thom Haye bersama Ragnar Oratmangoen.

Keduanya akan berpotensi menambah peluang menang lebih jauh lagi untuk Indonesia.

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement