Mobile Ad
Kutukan 20 Tahun Usai, Garuda Bungkam Vietnam 3-0 Tanpa Balas

Selasa, 26 Mar 2024

FTNews - Timnas Indonesia berhasil melibas Vietnam pada laga Kualifikasi Piala Dunia Zona Asia Grup F 2026.

Pertandingan yang berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi, Vietnam, Selasa (26/3) itu berlangsung dengan baik. Skuat Garuda membungkam dengan menutup pertandingan 3-0 atas Vietnam.

Pada babak pertama Timnas Indonesia sudah bermain dengan baik dalam ball possesion. Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen memulai debutnya kali ini. Mereka bermain dengan cukup memukau.

Haye berhasil memberikan sebuah assist yang dimanfaatkan oleh tandukan keras Jay Idzes menit ke-9. Sundulan milik Jay tidak dapat dihalau oleh penjaga gawang karena sangking keras dan tidak terbaca.

Posisi Jay saat itu berlari dari luar kotak penalti dengan cepat, kemudian menandukan bola dalam posisi luang tanpa penjagaan lawan. Gol pembuka yang membuat Timnas semakin bersemangat.

Tim Vietnam juga sempat beberapa kali memberikan tekanan kepada Skuat Garuda. Bahkan ada sebuah peluang melalui sundulan dalam kotak penalti. Tetapi, kiper Timnas Indonesia, Ernando Ari berhasil menyelamatkan bola tersebut.

Timnas Indonesia. (Foto: PSSI)

Pertandingan terus berlanjut, Timnas semakin percaya diri dalam penguasaan bola. Hingga pada menit ke-23 pemain baru Timnas Indonesia, Ragnar Oratmangoen membuktikan kemampuan debutnya.

Ia mencetak gol dengan tendangan keras dari sisi kanan Vietnam. Tendangan pemain keturunan Belanda-Indonesia itu tidak bisa dihalau kiper.

Babak pertama pun berakhir dengan skor 2-0 atas Indonesia. Babak kedua permainan berlanjut. Timnas Indonesia tidak puas dengan hasil tersebut. Mereka kembali memberikan serangan demi serangan ke gawang lawan.

Pada menit awal babak kedua, kedua tim saling menyerang. Bahkan Timnas juga beberapa kali hampir kehilangan angka.

Timnas Indonesia vs Vietnam. (Foto: PSSI)

Tetapi ketatnya pertahanan Garuda membuat the Golden Star tidak mampu menembus dengan mudah.

Bahkan menit akhir 90+9 penyerang Timnas Indonesia, Ramadan Sananta menambah gol. Ia berhasil memberikan gol melalui bola mentah yang membentur mistar gawang.

Pecahkan Kutukan


Timnas Indonesia vs Vietnam. (Foto: PSSI)

Kemenangan itu merupakan sebuah hal yang sangat ditunggu oleh Indonesia. Pasalnya Timnas Indonesia terakhir kali menang tandang, terjadi pada tahun 2004, saat pertandingan Piala AFF.

Kini sejarah itu pun terukir kembali, sehingga saat ini Garuda mengumpulkan poin tambahan pada Grup F menjadi 7 angka.

Klasemen sementara Grup F Kualifikasi Piala Dunia Zona Asia 2026. (Foto: Tangkapan layar/FIFA)

Angka tersebut merupakan angka yang cukup aman. Mengingat saat ini di Grup F Kualifikasi Piala Dunia Zona Asia 2026.

Timnas berada pada posisi kedua di bawah Irak. Sedangkan pada peringkat teratas, Irak tempati dengan 12 poin setelah bantai Filipina 5-0.

Vietnam tetap berada pada posisi nya dengan 3 poin. Dan Filipina juga dengan 1 poinnya. Kini Timnas hanya menunggu pertandingan selanjutnya melawan Irak pada 6 Juni 2024. Dan Filipina pada 11 Juni 2024. Keduanya akan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGKB).

Indonesia hanya membutuhkan satu kali kemenangan untuk memastikan lolos keputaran ketiga. Sekaligus memastikan masuk dalam Piala Asia 2027 mendatang.

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement