Mobile Ad
Lebaran Hampir Tiba, Ini Makanan-makanan Khas yang Dinanti!

Jumat, 05 Apr 2024

FTNews - Seusai Bulan Ramadan, umat muslim akan merayakan Idulfitri atau Lebaran. Di Indonesia, momen ini selalu identik dengan kegiatan mudik atau pulang kampung.

Masyarakat berbondong-bondong untuk pulang kampung untuk bertemu dengan keluarganya. Namun, ada lagi yang menjadi momen menarik saat hadirnya Lebaran, yaitu, hidangan-hidangan khas yang selalu hadir saat Lebaran.

Biasanya, masyarakat Indonesia membuat hidangan ini karena hidangan tersebut sudah identik dengan hadirnya Lebaran. Berikut hidangan-hidangan Indonesia yang khas untuk menyambut Hari Raya Idulfitri.

Ketupat


Ketupat. Foto: canva

Banyak yang mengatakan, “tidak Lebaran, jika tidak makan ketupat”. Hidangan ini menjadi salah satu hidangan wajib ada saat merayakan Lebaran.

Ketupat ini merupakan pengganti sumber karbohidrat masyarakat Indonesia, yaitu nasi, yang lalu dimasak dalam bungkusan daun janur atau pun plastik.

Biasanya, kita dapat menemukan ketupat di warung-warung dan juga pasar tradisional. Namun, jika dalam suasana Lebaran, banyak orang yang berbondong-bondong membeli ketupat sehingga kita kerap kesulitan untuk mendapatkannya.

Opor Ayam


Opor ayam. Foto: canva

Hidangan berkuah santan ini menjadi menu favorit masyarakat Indonesia dalam menyambut Lebaran. Makanan ini, biasanya juga disajikan bersama ketupat.

Opor ayam merupakan makanan berkuah santan yang berisikan potongan daging ayam. Banyak juga, orang yang juga menambahkan telur rebus ke dalam isiannya.

Kuah dari opor ini, terbuat dari campuran santan kelapa, serai, kencur, dan kunyit. Namun, setiap daerah di Indonesia memiliki versi opor yang berbeda-beda.

Rendang


Rendang. Foto: canva

Siapa yang tidak kenal dengan masakan daging khas Minangkabau, Sumatera Barat ini. Rendang merupakan salah satu menu wajib hadir dalam menyambut Lebaran.

Makanan yang kaya akan rempah-rempah ini sudah mendapatkan pengakuan dunia bahwa ini adalah salah satu makanan terlezat di dunia. Selain itu, UNESCO juga telah mencatat rendang sebagai warisan budaya Indonesia.

Masyarakat Indonesia juga senang menyantap makanan berwarna kecokelatan ini bersama ketupat.

Nastar


Nastar. Foto: canva

Tidak hanya makanan berat, namun makanan ringan pun juga menjadi ciri khas dari hadirnya Lebaran. Kue ini adalah nastar.

Kue nastar adalah kue kering dari adonan tepung terigu, mentega, dan juga telur. Di dalamnya, biasanya terdapat selai nanas.

Biasanya, kue nastar ini menjadi hidangan utama untuk menyambut para tamu yang berdatangan. Kue ini dapat menjadi cemilan yang dapat menemani kita bersama para tamu ketika berbincang-bincang.

Kastengel


Kastengel. Foto: canva

Selain kue nastar, kue asal Belanda yang sudah terpengaruh dengan kearifan lokal Indonesia ini juga menjadi camilan wajib saat Lebaran.

Mirip juga dengan kue nastar, kastengel juga terbuat dari adonan tepung terigu, mentega dan telur. Yang berbeda, kue ini tidak memiliki isian, malahan kue ini memiliki toping parutan keju di atasnya.

Keju yang digunakan pun dapat berbeda-beda. Mulai dari keju gouda, edam, cheddar, bahkan juga parmesan.

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement