Mobile Ad
Magnus Carlsen Sabet Juara Freestyle Chess G.O.A.T Challenge

Minggu, 18 Feb 2024

FTNews - Memasuki hari akhir Freestyle Chess G.O.A.T Challenge, para peserta  bertanding terakhir kalinya. Para peserta ingin pulang dengan peringkat tertinggi dan hadiah terbesar yang dapat mereka capai.Dalam pertarungan papan atas lalu, semua pertandingan berjalan dengan alot yang berbuntut perolehan remis. GM Magnus Carlsen dan GM Nodirbek Abdusattorov harus bermain imbang saat melawan GM Fabiano Caruana dan GM Levon Aronian.Sebaliknya, pertarungan di papan bawah berlangsung dengan sangat sengit. GM Vincent Keymer berhasil memenangkan pertandingannya melawan GM Ding Liren. Sementara itu, GM Alireza Firouzja juga memenangkan pertandingannya melawan GM Gukesh Dommaraju.Alireza dan Vincent hanya membutuhkan hasil remis untuk memenangkan putaran ini.

Ding Liren, Sang Juara yang Terseok

Ding Liren tiba di lokasi turnamen bersama ibundanya. Foto: chess.com/Maria Emelianova Sebelumnya, Vincent berhasil mengalahkan Ding Liren dengan pertandingan yang relatif mudah. Ding Liren harus meraih kemenangan untuk memperebutkan posisi ketujuh dan memperbaiki hasilnya yang saat ini mengantongi tiga remis dan sembilan kekalahan.Namun, Ding Liren tidak bermain dengan lebih baik dari sebelumnya. Ding Liren harus menyerah di langkah ke 29 dengan waktu 38 menit yang tersisa.Ini merupakan bukan hasil turnamen yang sangat baik bagi sang juara dunia. Vincent Keymer pun mengukuhkan dirinya di posisi ketujuh dalam turnamen ini.Di meja lainnya, Alireza dan Gukesh akan memperebutkan posisi kelima. Pemenang dari pertandingan ini akan menyegel tiket undangan ke turnamen ini di tahun depan.Gukesh akan bermain untuk menang dalam pertandingan ini karena sebelumnya ia harus kalah dari Alireza. Sementara itu, Alireza hanya butuh hasil remis sehingga ia tidak perlu bermain dengan mengambil risiko.Gukesh berusaha untuk menyerang raja milik Alireza, namun Alireza dapat bertahan dan menetralisir serangan dari Gukesh. Sebenarnya, Alireza memiliki keunggulan posisi yang sangat dominan, tetapi ia memilih untuk bermain aman dan mengakhiri pertandingan dengan hasil remis.Alireza pun menjadi pengisi posisi kelima dan memperoleh tiket undangan ke turnamen ini pada tahun depan.

Magnus Carlsen Atau Fabiano Caruana, Siapakah Juaranya?

Magnus Carlsen.Foto: chess.com/Maria Emelianova Sebelum memasuki pertandingan utama, ada pertandingan antara Levon dan Nodirbek yang berebut posisi ketiga. Pertandingan sebelumnya harus berakhir dengan remis walaupun Nodirbek sempat unggul tiga bidak di penutup pertandingan.Pemenang dari pertandingan ini akan mengisi posisi ketiga di dalam klasemen.Nodirbek memang tampil dengan sangat cemerlang dalam turnamen ini, namun Levon tetap merupakan veteran yang memiliki segudang pengalaman. Levon bermain dengan menyerang penuh dan Nodirbek harus bertahan menahan gempuran Levon.Pertahanan tersebut akhirnya retak dan Levon berhasil memenangkan pertandingan ini. Levon menjadi peserta yang duduk di posisi ketiga, sementara Nodirbek harus mengisi posisi keempat.Pertandingan antara Magnus dan Fabiano, merupakan pertandingan siapa yang akan menjadi juara satu dalam turnamen ini. Keduanya adalah pemain yang sangat luar biasa, namun pertandingan ini menentukan siapa yang lebih hebat.Baru memasuki langkah kedua, Magnus sudah mengatakan bahwa ia berada di posisi yang unggul melalui bilik pengakuan.“Sangat membingungkan untuk saya, karena itu (langkah Fabiano) terlihat tidak perlu dan melemahkan,” ungkap Magnus. Magnus Carlsen bersama para peserta lainnya setelah turnamen selesai. Foto: chess.com/Maria Emelianova Ternyata hal itu benar, Magnus dapat membuktikan bahwa langkah kedua dari Fabiano adalah sebuah kesalahan. Ia pun dapat menguasai pertandingan dan menjadi juara satu di turnamen Freestyle Chess G.O.A.T Challenge.“Saya sangat terbantu dengan fakta bahwa posisi saya menjadi sangat baik setelah dua langkah, dan ini dapat terjadi di Freestyle Chess,” ungkap Magnus setelah pertandingan.Sekali lagi Magnus membuktikan bahwa dirinya sangat mahir bermain catur dengan segala format. Tahun lalu, Magnus sudah memenangkan turnamen World Rapid Championship 2023 dan World Blitz Championship 2023.Kali ini, ia menunjukkan taringnya dalam format Freestyle Chess.

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement