Mobile Ad
Maksimalkan Tim U-23 di Piala Asia, PSSI Jeda Kompetisi Liga

Senin, 01 Apr 2024

FTNews - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) melakukan jeda sementara kompetisi Liga 1 Indonesia. Hal ini mereka lakukan agar memaksimalkan penampilan tim U-23 dari ajang Piala Asia U-23.

Jeda ini bertujuan agar Garuda memiliki kekuatan utama bersama tim U-23.

Bagi Ketua Umum PSSI, Erick Thohir langkah tersebut adalah hal yang terbaik. Karena PSSI harus bisa bijak dalam meningkatkan klub dan tim nasional.

"Sebagai otoritas tertinggi sepak bola Indonesia, PSSI tentunya punya kewajiban untuk mempersiapkan Timnas dan juga membela kepentingan klub. Oleh karenanya kebijakan jeda sementara kompetisi selama Piala Asia U-23 adalah sebuah langkah serta solusi yang terbaik," ujarnya dalam PSSI.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir. (Foto: PSSI)

Langkah jeda kompetisi liga tersebut juga agar setiap klub yang memberikan pemainnya untuk berlaga di tim U-23 tidak merasakan dirugikan.

"Karena PSSI paham di saat yang sama klub sedang dihadapkan pada agenda yang sangat ketat. Ada tim yang sedang bersaing untuk masuk babak championship, ada sebagian tim bersaing di papan tengah. Dan ada pula yang sedang berjuang dan lolos dari jurang degradasi. Agar tak ada ruang bahwa pemanggilan pemain merugikan klub," jelasnya.

Walaupun klub sudah memberikan izin kepada pemain yang harus bertanding di tim U-23, tetapi Erick lebih memilih untuk menjeda.

Hal ini agar tim U-23 dapat lebih memiliki fokus dan pelatih tim U-23, Shin Tae-Yong mendapatkan pemain dalam keadaan kondisi terbaik.

Tim U-23 Indonesia. (Foto: PSSI)

Kekhawatiran lain jika kompetisi liga club tetap berjalan akan banyak pemain alami cedera.

"Apalagi Timnas sedang mendapat tren positif yang tentu masyarakat sepak bola yang sudah memimpikan prestasi Timnas," ucapnya.

Terlebih Timnas sedang dalam momentum yang baik setelah mencatat emas SEA Games, sejarah lolos pertama kalinya di 16 besar Piala Asia. Serta punya peluang di Kualifikasi Piala Dunia.

"Dan kini punya kesempatan untuk lolos ke Olimpiade. Jadi ini merupakan momentum kita untuk mencatat sejarah dengan melakukan yang terbaik bagi Timnas," jelas Erick.

Kasus Gagal Bela Akibat Kompetisi


Rizky Ridho. (Foto:Instagram/rizkyridhoramadhani)

Seperti pada ajang tahun 2023 saat tim U-23 sedang berlangsung di Piala AFF U-23 2023. Pemain tim U-23 Muhammad Ferrari dan Rizky Ridho tidak bergabung dengan tim karena kendala izin klub.

Sehingga saat itu menjadi sebuah kontroversi karena kedua pemain itu gagal membela tim U-23. Saat itu, Rizky Ridho saat itu dibutuhkan oleh Persija, karena klub tersebut kekurangan pemain bek.

Dari hal ini Erick lebih waspada untuk masalah perizinan klub. Karena ajang yang di luar FIFA, klub asal pemain berhak melarang ataupun mengizinkan.

Terkecuali pertandingan besar dalam naungan FIFA seperti Piala Dunia. Maka sepenuhnya pemain harus hadir bersama Timnas tanpa alasan apapun.

Agenda Piala Asia U-23 2024


Bagan Piala Asia U-23. (Foto: AFC)

Piala Asia U-23 2024 akan berlangsung pada Senin (15/4), sampai Kamis (2/5) mendatang. Ajang ini mendatangkan empat grup dari berbagai negara yang berhasil lolos.

Grup A berisi perwakilan Qatar, Australia, Yordania dan Indonesia. Sedangkan, Grup B Jepang, Korea Selatan, Uni Emirate Arab dan China.

Lanjutnya, Grup C hadir perwakilan Saudi Arabia, Iraq, Thailand dan Tajikistan. Terakhir Grup D, Uzbekistan, Malaysia, Vietnam dan Kuwait.

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement