Mobile Ad
Menuju Piala Dunia 2025, Tim U-20 Indonesia Lakoni Laga Uji Coba

Jumat, 26 Jan 2024

FTNews - Beberapa laga internasional bakal Tim U-20 lakoni beberapa saat mendatang. Garuda Muda ini pun terus menggenjot kemampuannya. Salah satunya dalam laga uji coba melawan Thailand dan Uzbekistan.

Untuk pertandingan melawan Thailand akan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Jumat (26/1) dan melawan Uzbekistan di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (30/1).

Uji coba tersebut bertujuan untuk mempersiapkan Garuda Muda dalam ajang-ajang besar yang menanti mereka. Ajang tersebut, mulai dari Piala AFF U-19 dan kualifikasi Piala Asia U-20 pada tahun 2025 mendatang.

Alasan pemilihan tim tersebut karena keduanya juga membutuhkan pertandingan melawan tim lain untuk laga uji coba. Selain itu, uji coba itu akan menyiapkan Tim U-20 untuk menerapkan team tactical (TC) dalam pertandingan.

Tim U-20 Indonesia saat berlatih tactical. (Foto: PSSI)

Tim U-20 Indonesia juga sudah melewati beberapa tahap tes untuk mempersiapkan pemain terbaiknya. Mulai dari tes medis, fisik, fisiologi, serta psikologi. Hal tersebut dilakukan agar menghindari dari kejadian yang tidak diinginkan. Seperti, cedera yang cukup parah kepada para pemain ataupun mentalitas mereka yang tidak baik ketika berada di lapangan.

Selain itu juga, pertandingan uji coba antar negara bisa menjadi ajang untuk meninjau kemampuan pemain tim lawan. Sehingga bisa menjadi tolak ukur persiapan strategi dalam ajang-ajang besar mendatang.

Tim U-20 Indonesia. (Foto:PSSI)

Pupus di Piala Dunia U-20 2023


Perlu kita ketahui juga. Sebelumnya Tim U-20 Indonesia sudah hampir berhasil bermain pada Piala Dunia U-20 2023. Karena awalnya Indonesia terpilih menjadi penyelenggara ajang tersebut.

Sehingga membuat Indonesia mendapatkan tiket khusus bagi penyelenggara atau tuan rumah ajang bergengsi itu. Namun, harapan Garuda Muda pupus. Setelah terjadi berbagai polemik penolakan Indonesia terhadap datangnya Tim Israel pada ajang tersebut.

Dari besarnya pro kontra yang terjadi, membuat Indonesia gagal melaksanakan ajang tersebut. Dan membuat pemain muda Indonesia gagal menjajaki pertandingan antar negara dari berbagai belahan dunia.

Namun, kini Indonesia tidak lagi mau hanya memanfaatkan hadir melalui tiket tuan rumah dalam Piala Dunia U-20. Saat ini mereka menggenjot persiapan, agar bisa lolos dari Kualifikasi Piala Dunia U-20 2025 yang akan bergulir sebentar lagi.

Sebelumnya Tim U-20 juga sudah melakukan TC di Qatar dari Desember 2023 lalu, dengan membawa 23 pemain muda Indonesia.

Tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 Argentina dan Cile akan menjadi tuan rumah saat Piala Dunia U-20 tahun 2025.

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement