Mobile Ad
Nyepi Beriringan Ramadan: Momentum Saling Menghormati

Senin, 11 Mar 2024

FTNews - Umat Hindu di seluruh dunia merayakan Hari Suci Nyepi tahun baru Caka 1946 pada Senin (11/3). Di tahun ini, momentum Nyepi beriringan dengan datangnya bulan suci Ramadan yang umat Islam di seluruh dunia nanti-nantikan.

Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu Kementerian Agama (Kemenag) I Nengah Duija mengucapkan selamat Hari Raya Nyepi bagi umat Hindu dan selamat menyambut Ramadan bagi umat muslim di seluruh dunia.

“Semoga Tuhan senantiasa bersama kita semua,” kata I Nengah Duija di Jakarta, Minggu (10/3) melansir laman Ditjen Bimas Hindu Kementerian Agama.

Duija berharap momentum Hari Suci Nyepi dan bulan puasa Ramadan bisa menjadi sarana bagi umat Hindu dan umat Islam untuk meningkatkan kualitas diri dan saling berbagi kebahagiaan.

“Mari kita tingkatkan jati diri kita. Kualitas kita agar mampu memberikan cahaya dan kebahagiaan bagi orang lain. Baik umat sedharma maupun dengan saudara-saudara kita, umat muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa,” pesan Duija.

Umat Hindu berdoa di Pura menyambut Nyepi. Foto: Antara

Saling Melengkapi


Guru Besar Antropologi Budaya pada Universitas Hindu Negeri (UHN) I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar ini berharap dengan sikap saling melengkapi dan saling menghormati maka semesta ini akan terus berjalan dengan kedamaian dan kesejahteraan.

Hari Suci Nyepi tahun 2024 mengusung tema ‘Sat Cit Ananda Indonesia Jaya’. “Dengan Sat Cit Ananda, kita tegaskan persatuan supaya tidak mudah diprovokasi. Jika ada permasalahan harus musyawarah,” tutur Duija.

Sebagai rangkaian perayaan Hari Suci Nyepi 2024, umat Hindu menggelar Upacara Tawur Agung Kesanga dan Catur Brata Penyepian. Berupa Amati Geni, Amati Karya, Amati Lelungan, dan Amati Lelanguan.

“Melalui catur brata penyepian, mari kita terus merefleksi diri agar mampu bertransformasi menjadi manusia baru. Baik pemikiran, perkataan, dan perbuatan, untuk saling menghormati, saling melengkapi untuk kedamaian semesta. Rahayu,” tandas Duija.

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement