Mobile Ad
Pembangunan Exit Tol Ngaliyan Diredesain, Wali Kota Semarang Pastikan Bakal Terealisasi

Senin, 08 Jan 2024

FTNews - Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu menegaskan bahwa exit tol di Ngaliyan akan segera dibangun. Namun hal tersebut akan segera dikoordinasikan dengan pihak terkait, dalam hal ini pihak Jasa Marga Semarang.

"Dalam waktu dekat, kami akan berkoordinasi dengan Direktur Jasa Marga Semarang Batang," katanya kepada awak media, Senin (8/1).

Ia memastikan bahwa desain pintu keluar masuk tol yang menghubungkan Semarang-Batang sudah jadi.

"Desainnya sudah ada, nanti untuk akses keluar dan masuk," kata perempuan pertama yang jadi Wali Kota Semarang itu.

Selanjutnya, ia mengemukakan, bakal ada pembebasan lahan untuk pembangunan exit tol yang anggaran pembebasan dan pembangunannya berasal dari APBN.

"Nah ini dari kementerian semua. Intinya, nanti kami ketemu dulu dengan Jasa Marga," katanya.

Sebelumnya, Sekda Kota Semarang Iswar Aminuddin mengatakan pembangunan exit tol tersebut mundur karena ada beberapa bagian desain yang harus diubah.

Apabila exit Tol Ngaliyan tidak didesain dengan baik, bisa mengakibatkan kemacetan di jalan poros Ngaliyan atau Jalan Prof Hamka Semarang.

"Karena itu dibutuhkan desain yang lebih nyaman bagi pengendara, pengguna jalan," katanya.

Pembangunan Exit Tol Ngaliyan juga berdampak terhadap fasilitas umum, seperti Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 16 Semarang yang lahannya masuk dalam desain pembangunan.

Namun, saat ini sudah ada bangunan pengganti yang baru saja rampung dibangun yang lokasinya tidak terlalu jauh, dan sudah tahap penyelesaian.

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement