Mobile Ad
Pernah Curang, Saint Louis Chess Club Tolak Undang GM Hans Niemann

Minggu, 04 Feb 2024

FTNews - Saint Louis Chess Club mengeluarkan pernyataan bahwa mereka tidak akan mengundang GM Hans Moke Niemann ke dalam turnamen yang akan mereka selenggarakan tahun ini. Mereka mengeluarkan sebuah surat terbuka yang mereka unggah di media sosial miliknya.

Keputusan mereka berdasarkan Hans Niemann yang melakukan tindakan yang tidak pantas. Beberapa tindakan itu adalah merusak properti pribadi, komentar yang kasar, dan sulit untuk bekerja sama yang menjadi buntut permasalahan ini.

“Pertimbangan untuk mengambil keputusan ini tidak mudah dan kami berharap GM Hans Niemann menjadikan ini sebuah pembelajaran untuk refleksi diri dan pendewasaan,” ungkap Saint Louis Chess Club.

“Kita akan meninjau kembali keputusan ini di beberapa tahun ke depan, dengan asumsi adanya sebuah progres (dari Hans Niemann),” lanjut mereka.

Surat terbuka yang Saint Louis Chess Club unggah di media sosial mereka. Foto: X/STLChessClub

Sebelumnya, Hans Niemann juga pernah memiliki permasalahan di dalam dunia catur saat ia masih berumur 17 tahun. Ia ketahuan bermain curang setelah situs permainan Chess.com menangguhkan akun miliknya setelah terdeteksi adanya kecurangan.

Terbukti bersalah, Hans Niemann akhirnya tidak dapat bermain lagi di dalam situs Chess.com. Namun, Chess.com mengangkat penangguhan tersebut setelah mencapai kesepakatan dengan Hans Niemann pada Agustus 2023.

Saint Louis Chess Club adalah salah satu klub catur yang sangat bersejarah di dalam dunia percaturan. Klub ini menjadi penyelenggara turnamen-turnamen besar seperti U.S Chess Championship sejak tahun 2009 dan Sinquefield Cup sejak tahun 2013.

Klub ini menjadi lebih tenar lagi setelah GM Magnus Carlsen kalah saat bermain melawan Hans Niemann di Sinquefield Cup 2022 silam. Magnus Carlsen mengundurkan diri dari turnamen tersebut setelah merasa Hans Niemann berbuat curang lebih dari yang ia katakan.

Terakhir kali Hans Niemann bertanding di Saint Louis Chess Club adalah Oktober 2023 di mana ia menghadiri U.S Championship.

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement