Mobile Ad
Pesan Presiden dan Para Menteri di Hari Kebangkitan Nasional

Senin, 20 Mei 2024

FTNews - Peringatan Hari Kebangkitan Nasional menjadi momentum bangsa Indonesia teguh, semangat memelihara nasionalisme dan kesadaran berbangsa. Nilai persatuan dan kesatuan yang 116 tahun lalu Boedi Oetomo munculkan masih relevan hingga saat ini.

Dalam Hari Kebangkitan Nasional setiap 20 Mei ini Presiden Joko Widodo juga berharap hari ini mengingatkan bangsa pada titik awal kebangsaan sebagai negeri Indonesia.

"Mari maju bersama, bangkitkan semangat nasionalisme, rasa kesatuan dan persatuan yang tinggi. Serta kesadaran sebagai sebuah bangsa," kata Jokowi dalam unggahannya di @jokowi, Senin (20/5).

Senada, sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju pun turut mengunggah pesan di Hari Kebangkitan Nasional Indonesia. Salah satunya Menteri Keuangan Sri Mulyani.

"Sejak merdeka, kita telah beberapa kali dilanda krisis. Meski merasakan berbagai tekanan luar biasa, kita telah mampu bangkit dari berbagai krisis tersebut," kata Sri Mulyani dalam unggahannya di @smindrawati.

Menurutnya, mari menjadikannya sebagai pelajaran berharga, hal yang tidak semua bangsa mampu melakukannya. Tekad bangsa ini untuk terus maju harus kita tertanam dalam diri bangsa ini.

Belajar dari semangat perjuangan kemerdekaan yang Boedi Oetomo dan para pendiri bangsa lainnya lakukan. Bangsa ini juga harus mampu bangkit dan tak gentar menghadapi berbagai rintangan untuk mewujudkan cita-cita Indonesia Emas.

"Bersatu kita teguh, bangkit bersama membuktikan Indonesia tangguh," ucapnya.

Indonesia Emas


Senada Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir juga mengajak bangsa ini menjadikan Hari Kebangkitan Nasional momentum untuk terus membangun Indonesia yang lebih maju demi masa depan Indonesia Emas.

Dari sejarahnya, Hari Kebangkitan Nasional punya makna sebagai titik awal bangsa Indonesia bangkit dan memiliki jiwa nasionalisme dan rasa persatuan dan kesatuan yang tinggi.

Peringatan ini juga menjadi momentum memunculkan kesadaran bagi para pemuda untuk memperjuangkan banga Indonesia menjadi bangsa yang merdeka.

Di samping itu, Kebangkitan Nasional bukan sekadar peristiwa tunggal. Melainkan sebuah proses panjang yang awalnya terdiri dari banyak faktor. Termasuk munculnya kesadaran akan pentingnya persatuan dan kemerdekaan.

Boedi Oetomo dan pergerakan nasional Indonesia. Foto: Kesbangpol

Tonggak Penting


Lahirnya Boedi Oetomo menjadi tonggak penting dalam perjalanan bangsa Indonesia. Di tengah penjajahan Belanda selama berabad-abad, Boedi Oetomo bagaikan obor yang menerangi jalan menuju kemerdekaan.

Organisasi ini berdiri dengan tujuan mulia, yaitu memajukan pendidikan dan derajat bangsa Indonesia. Boedi Oetomo menjadi menjadi wadah bagi para pemuda terpelajar untuk menyatukan suara dan memperjuangkan hak hak mereka.

Semangat dan ide-ide segar mereka menjadi inspirasi bagi berdirinya organisasi-organisasi pergerakan lainnya di seluruh pelosok tanah air. Organisasi ini memicu semangat kebangsaan dan persatuan mendorong rakyat untuk bangkit melawan penjajahan. Boedi Oetomo menjadi contoh nyata bahwa bangsa Indonesia mampu bersatu dan berjuang untuk mencapai cita-cita bersama.

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement