Mobile Ad
PSSI Siap Datangkan Wasit Inggris dan Jepang untuk Liga 1

Kamis, 04 Apr 2024

FTNews - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) akan mendatangkan wasit asal Inggris dan Jepang untuk memimpin Liga 1 Indonesia.

Maksud dari pemanggilan wasit luar tersebut bukan tanpa alasan. Sebab pihak PSSI ingin wasit lokal dapat belajar cara bekerja mereka.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir menjelaskan wasit luar yang telah PSSI panggil itu akan bergabung selama satu bulan dalam Liga 1 Indonesia.

"Kita juga tahun depan akan mendatangkan wasit baik dari Liga Jepang ataupun Liga Inggris untuk memimpin di Liga sebulan. Jadi lebih independen serta akan ada transfer pengetahuan dari para wasit yang datang ke Indonesia tersebut," ujar Erick.

Nantinya, seluruh wasit Indonesia akan mengikuti sistem yang diberikan oleh wasit asal Jepang atau Inggris itu. Sehingga mereka akan memahami dengan melihat sistem yang mereka lakukan.

"Seluruh wasit masuk ke dalam suatu sistem dari Inggris, semua kejadian atau keputusan yang diambil wasit semua tersimpan dalam sistem tersebut. Jadi wasit dapat belajar dari kejadian tersebut," terangnya.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir. (Foto: PSSI)

Dari pertandingan yang akan bergulir dalam waktu satu bulan itu akan melatih wasit lokal. Terlebih mereka bisa melihat, cara wasit luar dalam menangani suatu masalah lapangan.

Dengan memerhatikan kinerja wasit luar tersebut, diharapkan wasit Indonesia bisa menerapkannya pada pertandingan Liga Indonesia.

"Kalau ada klub yang merasa dirugikan dengan keputusan wasit, selain klub dapat melaporkan kejadian dan meminta challenge juga nanti akan kelihatan kinerja wasit dan sistem tersebut," jelasnya.

Perbaiki Pertandingan Indonesia


PSSI bersama perwakilan komisi wasit melakukan diskusi besar itu agar sepak bola Indonesia semakin berkembang dan maju.

Diskusi PSSI dengan Exco membahas PSSI 2025 mendatang. (Foto: Instargam/Erick)

Sudah menjadi cerita lama, bahwa pertandingan Liga Indonesia sering berjalan tidak sehat. Hal ini terjadi karena kurangnya kualitas wasit.

Sehingga sejak beberapa bulan ke belakang, PSSI melakukan berbagai upaya dalam meningkatkan kemampuan dan wawasan wasit agar dapat menjadi penegah yang tegas dan adil dalam pertandingan.

Dengan begitu, sepak bola Indonesia dapat berkembang lebih baik dan dapat mencapai kancah dunia dengan permainan yang benar.

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement