Mobile Ad
Ratusan Nelayan Ikuti Pelatihan Dasar Kemanan Kapal Layar Motor

Senin, 10 Okt 2022

Forumterkininews.id, Jakarta - Sebanyak 200 nelayan di wilayah hukum Dit Polairud Polda Metro Jaya mengikuti pelatihan Basic Safety Training (BST) kapal layar motor. Kegiatan itu diselenggarakan pada 10 hingga 12 Oktober 2022.

Hal itu diungkapkan Ketua Pelaksana BST, Kasubdit Patroli Ditpolairud Polda Metro Jaya Kompol Fredy Yudha Satria. Ia mengatakan 200 nelayan berasal dari pesisir Cilincing, Marunda, PAM Jaya, Muara Baru, Muara Angke, dan Kepulauan Seribu.

"Sebanyak 30 orang berasal dari pesisir Cilincing, 10 orang dari pesisir Marunda, 14 orang dari pesisir PAM jaya, 78 orang berasal dari pesisir Muara Baru, 53 orang berasal dari pesisir Muara Angke, dan sebanyak 15 orang berasal dari Kepulauan Seribu," ujar Fredy, pada Senin (10/10).

Lebih lanjut ia mengatakan pelatihan ini dilaksanakan di aula kantor Pelabuhan Perikanan Jakarta Nizam Zachman, Muara Baru, Jakarta Utara.

Dengan adanya pelatihan ini pihaknya berharap agar para nelayan memiliki kemampuan dan keterampilan laut.

Khususnya dalam mengawaki kapal-kapal dengan baik dan aman. Serta menjadi polisi bagi diri sendiri, dan lingkungan, sehingga gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat dapat diminimalisir.

Sementara itu, Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Fadil Imran mengungkapkan manfaat kegiatan ini. Ia mengatakan kegiatan diselenggarakan untuk mencegah para nelayan supaya terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan saat bekerja.

"Kami tidak ingin kecelakaan terjadi, yang kami inginkan adalah keselamatan untuk kita semua," ujar Fadil.

Lebih lanjut ia mengatakan nantinya para nelayan akan diberikan pelajaran mengenai pentingnya standar keamanan kerja sehingga dapat meminimalisir nilai kerugian saat terjadi kecelakaan kerja, baik kerugian materiil maupun jiwa.

“Dengan diadakannya kegiatan ini diharapkan nelayan dapat meningkatkan pengetahuan, wawasan, dan ketangkasan saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, sehingga nelayan mampu mengatasi hambatan saat bekerja," kata Fadil.

Selain itu ia berharap agar pihak yang tergabung mampu menjadikan kegiatan ini sebagai langkah ikhtiar dalam mengabdi kepada masyarakat Jakarta. Sehingga hasil dari pelatihan ini dapat terasa dampaknya untuk rekan-rekan nelayan.
 

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement