Mobile Ad
Sang Juara Dunia Catur Tumbang, Persaingan di Puncak Klasemen Kian Ketat

Senin, 22 Jan 2024

FTNews - Kabar buruk menimpa penggemar sang juara catur dunia, GM Ding Liren di ronde kedelapan Tata Steel Chess 2024. Ding Liren harus tunduk kepada GM Alireza Firouzja yang berhasil memenangkan pertandingan ini.

Tentu kekalahan ini mengecewakan para penggemar Ding Liren. Namun, ia sempat vakum dari dunia catur selama hampir sembilan bulan karena masalah kesehatan mentalnya.

Alireza Firouzja berhasil mengejutkan Ding Liren dengan preparasinya yang kemungkinan besar Ding Liren tidak duga. 

“Ini adalah preparasi saya sebelumnya (mengorbankan bidak di langkah ke 11), saya hanya berusaha mengingat kembali. Ini adalah langkah yang berbahaya untuk buah hitam. Ia harus mengetahui banyak hal untuk dapat bertahan,” ungkap Alireza.

Ding Liren harus dapat bertahan dengan kondisi posisi yang sangat tidak menguntungkannya.

Pada akhirnya, Alireza dapat mengkonversi keunggulan posisinya dan dapat memenangkan pertandingannya melawan Ding Liren. 

Klasemen sementara Tata Steel Chess 2024 setelah ronde ke 8. Foto: chess.com

Pertandingan Alireza memang cukup menghibur, karena ia tidak ingin membuat remis dengan cepat kepada lawannya. Ia ingin menghabiskan waktu untuk memenangkan pertandingan tersebut.

“Bagi saya, tidak ada kegiatan yang lebih baik di Wijk aan Zee dari pada memainkan permainan yang panjang. Jadi, bagi saya tidak masuk akal banyak peserta yang membuat remis secara cepat. Saya paham dengan hal tersebut, tetapi untuk saya, saya harus membuat diri saya sibuk bermain,” ungkap pria 20 tahun ini.

Selain itu, GM Ian Nepomniachtchi dan GM Nodirbek Abdusattorov berlangsung sangat sengit. Nodirbek yang berada di posisi puncak memiliki ambisi untuk memenangkan pertandingan ini. Namun, Nodirbek harus kehilangan keunggulannya setelah melawan Ian.

Ian mengorbankan satu buah bidaknya untuk keunggulan posisional dan ternyata itu terbukti sangat efektif. Hal ini memaksa Nodirbek untuk bertahan dengan posisi yang tidak menguntungkan baginya.

Ketidakharmonisan posisi Nodirbek harus membuat ia tunduk melawan Ian. Nodirbek pun harus kehilangan poin dan turun posisi puncak klasemen semakin memanas.

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement