Mobile Ad
Sangat Nasionalis, Pemain Keturunan Fasih Lagu Kebangsaan

Kamis, 06 Jun 2024

FTNews - Kerapkali saat ini menjadi sebuah perbincangan mengenai nasionalis timnas Indonesia. Padahal pemain keturunan fasih lagu kebangsaan Indonesia dengan baik.

Seperti terlihat dalam instagram nuelmg seluruh pemain sedang melakukan berendam pada kolam air dingin. Pada saat mereka berkumpul tersebut, seluruh pemain kompak menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

"Dimana pun mereka selalu berlatih bernyanyi “Indonesia Raya” tulis akun nuelmg. Tidak hanya pemain lokal yang menyanyi dengan lantang. Melainkan pemain keturunan, seperti Sandy Wals, Calvin Verdonk, Jordi Amat, Ragnar Oratmangoen dan Thom Haye bernyanyi untuk membangkitkan semangat.

Timnas Indonesia. (Foto: Instagram/Sandywalsh)

Kita ketahui bahwa lagu ini menjadi hal wajib untuk Indonesia putarkan setiap akan bertanding dalam setiap ajang sepak bola. Sehingga seluruh pemain setidaknya harus dapat menghafal lagu tersebut.

Namun, seluruh pemain tidak hanya menghafal melainkan terlihat seolah bernyanyi berdasarkan hati mereka. Hal ini juga menjadi sebuah pengikat kekompakan seluruh pemain dalam tim tersebut.

Di sisi lain banyak netizen yang bangga melihat kekompakan seluruh pemain Merah-Putih tersebut. "Sering² upload video kek gini ya bang, seruu tauu liat mereka kompak ginii," ujar akun efri**rin*.

[video width="1080" height="1920" mp4="/storage/2024/06/Snapinsta.app_video_334613749_858278406359090_7670188815198652308_n.mp4"][/video]

Pengelompokan Pemain Timnas Indonesia


Sehingga ini menjadi sebuah tamparan keras kepada netizen yang menghujat mengenai jiwa nasionalis seluruh pemain. Karena hingga saat ini masih ada beberapa orang yang selalu mengelompokan pemain timnas menjadi lokal dan keturunan.

Seperti kita ketahui sebelumnya  Anggota Komisi X DPR RI Putra Nababan meminta timnas jangan kebanyakan naturalisasi. Walaupun kita ketahui bahwa mereka merupakan pemain yang berdarah Indonesia campuran.

Anggota Komisi X DPR RI Putra Nababan, bersama pemain naturalisasi Calvin Verdonk dan Merpora RI, Dito Ariotedjo. (Foto: Instargam/Putranababan)

Sehingga seharusnya mereka tidak menjadi sebuah kelompok-kelompok yang berbeda. Melainkan putra bangsa Indonesia yang ingin berjuang demi nama baik tanah air.

Bahkan dalam hal ini pemain timnas Indonesia, Shayne Pattynama merespon dengan adanya hal tersebut yang merasa ia tidak dianggap sebagai warga yang sama. "Saya Pattynama, saya orang Indonesia. Saya bukan orang asing. Kenapa tidak dianggap satu saja? Kenapa selalu melihat, “oh, kamu amu pemain naturalisasi” dan “kamu pemain lokal”?. Padahal kita semua adalah pemain lokal kalau tidak, kita tidak bermain untuk Indonesia," ujar Shayne dalam Youtube Indosat.

 

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement