Mobile Ad
Shin Tae-Yong Yakin Sepak Bola Indonesia Bisa Maju

Jumat, 03 Mei 2024

FTNews - Keberhasilan Skuat Garuda menyentuh babak semifinal Piala Asia U-23, seperti membuat yakin sepak bola Indonesia bisa maju. Pasalnya sang pelatih tim, Shin Tae-Yong optimis dengan hal tersebut.

Langkah yang ia lakukan, bersama timnya terbilang cukup gemilang. Salah rasanya jika menganggap pecapaian tersebut tidak berhasil. Kesepakatan visi PSSI membawa Garuda Muda hingga delapan besar sudah mereka lewati, melalui usaha tim dalam asuhan STY. Tidak hanya menatap kesepatakan keduanya, tetapi pelatih asal Korea Selatan tersebut tepati janjinya bawa hingga semifinal.

Sebelumnya, kerja sama PSSI dan Shin Tae-Yong memiliki dua syarat keberhasilan untuk memperpanjang kontrak mereka. Pada syarat yang pertama, mantan pemain timnas Korea Selatan itu, harus membawa Timnas Senior tembus ke 16 besar Piala Asia 2023. Kemudian, syarat yang kedua mampu menampilkan tim U-23 Indonesia hingga babak 8 besar Piala Asia U-23.

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-Yong bersama Ketua Umum PSSI, Erick Thohir. (Foto: Instagram/erickthohir)

Syarat seperti itu hampir seluruh orang menganggapnya sebuah hal yang sulit. Mengingat sepak bola Indonesia yang tidak pernah menggapai hal tersebut. Tetapi tidak dengan STY, ia berhasil menggapai keduanya dengan baik.

Buktikan Janji Untuk Indonesia


Saat Piala Asia 2023, timnas senior Indonesia tembus ke 16 besar bertemu lawan mereka Australia. Walaupun pada akhirnya Skuat Garuda harus kalah telak 4-0, namun hal ini merupakan perolehan baru untuk Merah-Putih.

Selanjutnya, berhasil menembuskan tim U-23 dalam sejarah barunya. Tidaknya lolos delapan besar, melainkan tembus hingga semifinal dan mengalahkan tim raksasa. Keberhasilan tersebut menggiring Indonesia menempati peringkat keempat usai kalah dari Irak 2-1.

Indonesia Vs Korea Selatan Skuat Garuda bergembira usai meraih kemenangan. (Foto: AFC)

Tetapi dalam ajang tersebut, tim Indonesia menghantam tim besar, seperti Yordania, Australia dan Korea Selatan dengan kemenangan yang apik.

"Pikiran para pemain telah berubah dan kemauan mereka menjadi sangat kuat. Mereka juga punya keuletan. Saya mempunyai filosofi saya sendiri dan para pemain mengikuti gaya permainan saya dengan baik dan mereka menikmatinya. Faktor-faktor itulah yang mempengaruhi perkembangan sepak bola Indonesia akhir-akhir ini," tutur Shin Tae-Yong dalam AFC.

Pembentukan Timnas Indonesia


Proses yang mantan pelatih timnas Korea Selatan tersebut tidaklah mudah. Ia sudah melakukan masa latihan bersama Garuda sejak 2020, namun baru efektif tahun 2022. Hal tersebut karena terhalang pandemi.

Tetapi berbagai pencapaian mulai dari naiknya peringkat FIFA Indonesia dari 175 melesat ke 134. Dengan gaya permainan Indonesia yang sudah bermain passing dengan baik, dan mentalitas para pemain yang semakin hebat.

Timnas Indonesia usai meraih kemenangan besar atas Vietnam. (Foto: Instagram/witan)

"Selama beberapa tahun ke depan kami masih akan berkembang lagi dan lagi, jadi saya yakin kami akan terus berkembang dan menjadi tim yang lebih baik," jelasnya.

Kini satu harapan lagi untuk Indonesia, dalam laga untuk mengambil tiket Olimpiade Paris 2024. Dengan melewati babak play-off melawan wakil Afrika, Guinea, Kamis (9/5)  Venue, INF Clairfontaine, Prancis.

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement